Cara Mengganti Cell Baterai Laptop dengan Mudah

624 views

Cara Mengganti Cell Baterai Laptop dengan Mudah – Baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi sebuah laptop atau notebook. Tanpa adanya baterai, portabilitas laptop menjadi suatu hal yang mustahil. Pasalnya laptop bisa digunakan secara mobile berkat dukungan energi listrik dari baterai.

Semua jenis laptop atau notebook baik itu Asus, Acer, HP, Lenovo, Fujitsu, Dell, Toshiba, atau bahkan Apple pasti menggunakan baterai. Meskipun masing-masing brand punya jenis dan desain baterai sendiri-sendiri. Namun perlu anda ketahui bahwa dalam sebuah baterai laptop pasti terdapat cell baterai.

Cell baterai sendiri merupakan bagian yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik. Jumlah cell baterai masing-masing laptop tentu berbeda-beda. Ada laptop dengan baterai 6 cell. Maksudnya dalam baterai laptop tersebut terdapat 6 buah cell. Ada yang punya jumlah cell lebih banyak, dan ada pula yang punya jumlah cell lebih sedikit.

Cara Ganti Cell Baterai Laptop

Tapi tahukah anda bahwa cell baterai memiliki umur? Ya, semakin sering digunakan (habis lalu diisi ulang) maka semakin menurun pula kemampuan cell baterai dalam menyimpan energi listrik. Tanda-tanda dari cell baterai yang sudah rusak adalah baterai cepat habis dan laptop tidak bisa menyala jika tidak dicolok langsung ke listrik.

Namun anda tidak perlu kawatir karena cell baterai yang rusak bisa diganti dengan cell yang baru. Daripada beli baterai baru, tentu lebih murah jika kita mengganti cellnya saja. Jika anda  belum tahu bagaimana cara ganti cell baterai laptop sendiri, silahkan simak informasi yang kami bagikan di bawah ini.

Sebelum anda mulai mengganti cell baterai, ada beberapa hal yang perlu perhatikan. Pertama pastikan anda mengganti cell baterai lama dengan cell baterai baru yang memiliki spesifikasi sama. Pada umumnya, baterai laptop punya tipe 18650 dengan voltase sekitar 3,7 volt. Ada beberapa jenis baterai yang punya tipe berbeda.

Oleh sebab itu pastikan anda membeli cell baterai pengganti yang sama. Jika ada selisih voltasi sekitar 0,1 volt tidak jadi masalah. Anda tetap bisa menggunakannya. Oke langsung saja, berikut step by step lengkap cara mengganti cell baterai laptop dengan benar dan tentunya sangat gampang.

  1. Pertama-tama silahkan lepas baterai dari laptop. Ada laptop yang mengharuskan anda membongkar casing body untuk melepas baterai. Ada pula jenis laptop yang baterainya terletak di luar body. Jadi anda bisa langsung melepasnya tanpa perlu membongkar casing. Untuk step ini anda membutuhkan beberapa alat seperti obeng dan cutter
  2. Setelah baterai terlepas dari body laptop, langkah berikutnya silahkan bongkar body baterai, anda bisa mencongkelnya menggunakan cutter ataupun alat lain yang dirasa bisa membantu. Hati-hati dalam melakukan step yang satu ini
  3. Setelah casing baterai berhasil dibuka, silahkan amati bagaimana rangkaian baterai tersebut disusun. Tujuannya agar nantinya anda tidak salah menyusun baterai. Beberapa jenis baterai laptop memiliki susunan cell seperti berikut
  4. Jika sudah, langsung saja lepas cell baterai yang lama dan gantikan dengan cell baterai yang baru. Susun sesuai dengan rangkaian sebelumnya. Ingat, jangan sampai anda salah susun
  5. Apabila sudah, silahkan tes voltase total baterai menggunakan multimeter untuk memastikan bahwa baterai tersebut aman untuk laptop anda
  6. Terakhir anda bisa menutup kembali casing baterai dan cell baterai laptop sudah berhasil diganti. Tapi jangan dipasang dulu ke dalam laptop atau notebook anda

Sangat gampang bukan? Apakah sudah selesai sampai di sini? Tunggu dulu masih ada beberapa tahap yang harus anda lakukan sebelum bisa menggunakannya dengan normal. Tahap ini merupakan tahap konfigurasi software agar baterai bisa digunakan sebagaimana mestinya. Langsung saja berikut detailnya.

Baca juga : Jenis-jenis Baterai dan Fungsinya

  1. Sebelum memasang baterai ke notebook, hubungkan notebook ke listrik menggunakan adaptornya. (ingat, tanpa baterai)
  2. Setelah itu nyalakan laptop anda, dan masuk ke menu Control panel
  3. Pilih Hardware and Sounds, lalu klik Device Manager
  4. Pada menu Device Manager, temukan menu Baterai, lalu uninstall drivernya
  5. Jika sudah, langkah berikutnya silahkan matikan laptop anda
  6. Cabut adaptor laptop, lalu masukkan baterai ke dalam laptop
  7. Jika sudah, nyalakan kembali laptop
  8. Kembali masuk ke menu Control panel, pilih Hardware and Sounds, lalu klik Device Manager
  9. Setelah itu lakukan update driver baterai
  10. Baterai laptop dengan cell baru sudah siap digunakan

Lantas dimana kita bisa membeli cell baterai? Dan berapa harganya? Harga satu cell baterai sendiri bermacam-macam, tergantung spesifikasi dan merk. Kurang lebih sekitar 20 ribuan per pcs. Anda bisa membelinya di toko-toko service komputer ataupun di marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Cara Kalibrasi Baterai Laptop

Pada kondisi tertentu, cell baterai laptop yang baru saja diganti memerlukan kalibrasi agar bisa digunakan dengan normal sebagaimana mestinya. Jika anda belum tahu caranya, tidak usah kawatir. Berikut kami berikut tutorial cara paling gampang kalibrasi baterai laptop yang baru diganti cellnya.

  1. Pertama-tama isi atau charge baterai laptop sampai 100%
  2. Setelah penuh 100%, cabut charger lalu diamkan selama 15 menit
  3. Selanjutnya matikan laptop
  4. Hidupkan kembali laptop sembari menekan tombol F8 untuk masuk safe mode
  5. Setelah masuk safe mode, biarkan laptop menyala sampai baterai habis dengan sendirinya
  6. Jika sudah, charge kembali dan laptop bisa digunakan dengan normal

Baca juga : Cara Mengganti Baterai Tablet PC Sendiri

Cara Merawat Baterai Laptop

Jangan kaget setelah melakukan kalibrasi, biasanya baterai membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengisian listrik pertamanya. Anda hanya perlu sabar menunggu sampai baterai terisi penuh. Berikut kami bagikan info tambahan bagaimana cara merawat baterai laptop agar awet dan tidak mudah drop atau rusak.

  • Hapus aplikasi-aplikasi yang memang tidak diperlukan
  • Hindari menggunakan aplikasi berat yang bisa menguras baterai dengan cepat
  • Lakukan perawatan dan pembersihan laptop secara berkala
  • Matikan koneksi wifi dan bluetooth apabila tidak digunakan
  • Hindari menggunakan live wallpaper karena bisa menguras baterai dengan cepat
  • Jaga suhu atau temperature laptop dengan menggunakan kipas
  • Hindari melakukan isi ulang baterai secara terus-menerus tanpa dilepas (isi semalam penuh misalnya)

Demikianlah info singkat mengenai tutorial cara mengganti cell baterai laptop. Semoga info singkat yang kami bagikan tadi bisa memberikan manfaat bagi pembaca semua di manapun kalian berada, terutama yang sedang mengalami masalah kaitannya dengan baterai yang drop atau rusak.

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.