Cara Menggunakan Solder Uap yang Benar

2709 views

Cara Menggunakan Solder Uap yang Benar – Sebagian besar teknisi elektronika tentu sudah tidak asing lagi dengan alat yang bernama solder uap alias blower bukan? Alat ini digunakan untuk keperluan repair atau memperbaiki peralatan elektronika yang rusak, terutama pada bagian komponennya.

Perlu anda ketahui bahwa cara menggunakan solder uap atau blower ini sedikit berbeda dibanding dengan menggunakan solder biasa. Karena pada dasarnya solder uap bekerja dengan memperhatikan tekanan udara dan suhu yang ada sehingga tidak merusak komponen.

Solder blower atau solder uap biasanya digunakan untuk memasang, mengangkat, mencetak, serta soldering komponen elektronika seperti IC, kapastor, resistor, dioda dan lain-lain yang berukuran micro, dimana tugas tersebut tak bisa diselesaikan dengan menggunakan solder biasa.

Cara Menggunakan Solder Uap

Nah, sebelumnya belajarelektronika.net telah mengulas informasi mengenai harga solder baik yang biasa, tempat, hingga blower atau solder uap dengan berbagai macam merk. Dan kali ini akan dilanjutkan dengan info mengenai cara menggunakan solder uap yang benar dan tepat.

Sebelum itu anda juga harus tahu bahwa solder uap atau blower punya dua macam tipe, yakni analog dan digital. Namun secara garis besar cara menggunakannya tak jauh berbeda. Oke langsung saja berikut step by step bagaimana cara menggunakan solder blower baik yang digital maupun analog.

  1. Pertama-tama solder uap atau blower dengan tegangan 110-220 V AC
  2. Selanjutnya tekan tombol power on untuk menyalakan solder blower
  3. Setelah itu atur tingkat pemanas serta berapa tekanan angin yang diinginkan
  4. Untuk solder uap analog cukup putar saklar ke posisi yang diinginkan
  5. Dan untuk solder uap digital, cukup tekan tombol up atau down untuk mengaturnya
  6. Jika dirasa sudah sesuai, solder blower atau uap siap digunakan

Baca juga : Cara Mengukur Trafo dengan Multimeter

Nah, bagaimana sangat mudah bukan? Sebelum mulai menggunakan solder uap, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Setiap komponen elektronika memiliki batas maksimal panas. Karena itu jangan sampai anda memanaskan komponen terlalu lama atau dengan suhu yang terlalu tinggi, karena akan merusak komponen.

Misal jika anda hanya ingin mencairkan timahdan mengangkat komponen, gunakan suhu 350 hingga 400 derajat saja. Jika anda ingin mengeringkan cairan, cukup gunakan suhu 100 hingga 200 derajat saja. Semoga info mengenai cara menggunakan solder uap atau blower baik analog atau digital yang benar tadi bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara gunakan solder uap
  • cara menggunakan solder besar
  • cara menggunakan solder yang baik pada rangkaian elektronika
  • Cara solder micro led
  • macam macam solder uap
  • mengatur derajat solider uap analog
  • rangkaian solder uap

Tinggalkan pesan "Cara Menggunakan Solder Uap yang Benar"

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.