Cara Menghitung Biaya Tagihan Pemakaian Listrik kWh Meter

2597 views

cara menghitung tagihan biaya tarif bayar listrik lewat kwh meterCara Menghitung Biaya Tagihan Pemakaian Listrik kWh Meter - Menghitung biaya atau tarif listrik yang harus dibayar kepada PLN sebenarnya tidaklah sulit, asal tau caranya. PLN juga telah melengkapi setiap rumah yang menjadi pelanggannya dengan kWh meter. Melalui alat tersebut, kita dapat dengan mudah mengetahui berapa pemakaian listrik dan biayar yang harus dibayar.

Perlu diketahui bahwa pihak PLN tidak asal dalam menentukan biaya yang harus dibayarkan oleh pelanggannya. Namun kadang kala konsumen mengeluh bahwa pemakaian listrik sebenarnya biasa-biasa saja, namun kenapa bayarnya selalu mahal? Perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor yang membuat biaya bulanan listrik menjadi mahal.

Beberapa diantaranya seperti beban listrik sampai dengan pemakaian alat-alat elektronik yang ada di rumah. Misal anda menyalakan lampu setiap saat dan sepanjang hari tanpa dimatikan sama sekali. Hal tersebut tentunya akan membuat biaya tagihan membengkak. Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, maka bijaklah dalam menggunakan listrik.

Cara Menghitung Tagihan Listrik

Kembali ke topik bagaimana cara menghitung pemakaian listrik. Pertama-tama anda harus mendapatkan informasi mengenai harga listrik per kWh dari biaya tagihan. Setelah itu harga listrik per kWh dikalikan dengan jumlah rata-rata pemakaian listrik setiap bulannya. Misal, biaya tagihan sebesar Rp. 190.000-, dengan total pemakaian daya mencapai 240 kwh.

Perhitungannya:

190.000 / 240 = 791,7 rupiah per kWh

Dari perhitungan cara menghitung biaya listrik tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa tarif yang dikenakan PLN untuk per 1 kWh yang digunakan adalah Rp. 791,7,-. Jadi jika dalam satu bulan anda menggunakan listrik sebesar 100 kWh, tinggal dikalikan saja dengan harga listrik per kWh tersebut.

Misal:

100 x 791,7 = 79.170 rupiah

Nah, mudah bukan cara menghitung tarif listrik? Jadi yang harus anda siapkan agar dapat menghitung perkiraan tarif listrik yang hendak dibayar adalah struk pembayaran beberapa bulan yang lalu. Atau anda bisa juga menggunakan struk terakhir untuk dijadikan pedoman. Karena biaya beban listrik per 1 kWh bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan PLN.

Untuk itu jika anda ingin mengetahui berapa harga listrik tiap 1 kWh, maka anda harus pantau terus perkembangannya. Anda bisa mencari informasi mengenai tarif listrik per 1 kWh terbaru yang diterbitkan oleh PLN. Dengan begitu anda akan lebih mudah menghitung menghitung kwh meter atau tarif listrik yang harus anda bayar setiap bulannya.

Baca juga : Tarif Dasar Listrik Per 1 kWh Terbaru

Perlu diketahui bahwa cara menghitung rekening listrik tadi hanya berlaku untuk listri pasca bayar. Sedangkan untuk listrik pra bayar atau listrik pulsa, harus menggunakan perhitungan sendiri. Mungkin pada kesempatan yang akan datang, Belajar Elektronika akan membagikan informasinya kepada anda semua.

Jika masih ada yang kurang paham atau kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang tersedia. Demikian informasi mengenai cara menghitung biaya tagihan listrik. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • cara menghitung tagihan listrik 2016
  • rumus menghitung kwh meter
  • cara menghitung tarif listrik per kwh
  • Cara menghitung tagihan bulanan lewat kwh meter
  • cara menghitung kwh dlam meteran listrik
  • cara menghitung daya pemakaian listrik untuk pembayaranya
  • cara menghitung biaya meteran listrik
  • cara memperbaiki meteran pulsa macet
  • cara hitung biaya beban listrik
  • Cara bongkar kern dinamo

Leave a reply "Cara Menghitung Biaya Tagihan Pemakaian Listrik kWh Meter"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.