Cara Menghitung Lama Waktu Pemakaian dan Pengisian Aki

536 views

Cara Menghitung Lama Waktu Pemakaian dan Pengisian Aki – Kita semua tentu sudah tidak asing lagi dengan alat bernama aki atau accu bukan? Kita sering menemukan alat yang satu ini pada kendaraan bermotor ntah itu sepeda motor atau mobil. Lantas sebenarnya apa itu aki, dan apa saja fungsinya?

Sebenarnya aki alias accu adalah sebuah sel listrik yang di dalamnya terdapat sebuah proses elektrokimia reversibel (dapat berbalikan) dengan efisiensi yang tinggi. Maksud dari proses elektrokimia reversibel sendiri adalah mengubah zat kimia menjadi energi listrik (pengosongan), atau sebaliknya energi listrik menjadi zat kimia (pengisian).

Fungsi aki atau accu sendiri sebenarnya sama seperti sebuah baterai, yakni sebagai sumber listrik untuk berbagai macam alat. Dalam sebuah mobil atau sepeda motor, aki dapat menyimpan listrik dalam bentuk energi kimia yang kemdian dapat digunakan untuk mensuplay energi kelistrikan motor atau mobil saat dibutuhkan.

Cara Menghitung Lama Pemakaian Aki

Seperti yang kita tahu bahwa energi listrik yang tersimpan dalam sebuah aki bisa diisi ulang atau dicas apabila sudah habis. Yang jadi pertanyaan, sebenarnya berapa lama waktu aki dapat dipakai untuk mensuplay listrik sebuah beban? Berikut cara menghitung lama waktu pemakaian aki lengkap beserta rumusnya.

Rumus Dasar yang Digunakan :

P = V x I
V = P/I
I = P/V

Keterangan :

  • I = Kuat Arus (Ampere)
  • P = Daya (Watt)
  • V = Tegangan (Volt)

Contoh :

  • Beban 50 Watt
  • Aki yang digunakan 12 V/50 Ah

Perhitungan :

I = 50 W/12 V = 4,167 Ampere
Waktu pemakaian = 50 Ah/4,167 A = 11,99 jam – dieffisiensi Aki 20 % (2,398 jam)
= 11,99 jam – 2,398 jam
= 9,592 Jam ( 9 Jam, 35 Menit, 31,2 Detik )

Kesimpulan :

Jadi sebuah aki 12 V/50 Ah jika digunakan untuk mensuplay energi listrik dalam sebuah beban dengan daya 50 Watt mampu bertahan selama 9 Jam, 35 Menit, 31,2 Detik. Dengan begitu lama waktu pemakaian atau daya tahan aki tergantung dari besarnya Ampere aki dan berapa watt beban.

Baca juga : Cara Memperbaiki Aki yang Ngedrop

Cara Menghitung Lama Waktu Pengisian Aki

Sebenarnya untuk menghitung lama waktu pengisian aki tak jauh berbeda dengan cara menghitung lama waktu pemakaian aki. Berikut pembahasan lengkap mengenai cara menghitung lama waktu pengisian aki lengkap dengan rumusnya. Namun sebelum itu perlu anda pahamai bahwa lama waktu pengisian aki juga dipengaruhi oleh besar arus dan tegangan charger.

Oleh sebab itu untuk tahu berapa lama waktu pengisian aki, perlu dicari tahu terlebih dahulu spek charger yang digunakan. Misal voltase aki sebesar 12 volt dengan kapasitas 50 Ah mampu terisi dari kosong sampai penuh selama 2 jam. Berikut perhitungan cara mengetahui ampere dan voltase charger.

I = 50Ah/2 jam = 25 Ampere

Tambahkan 20% untuk diefisiensi aki :
25 Ampere + 20% =  30 Ampere

Besar watt charger yang dibutuhkan untuk mengisi aki 50 Ah selama 2 jam, jika standar charger aki 13,8 Volt :

P = V x I
= 13,8 Volt x 30 Ampere
= 414 Watt

Kesimpulan yang bisa diambil untuk mengisi aki sebesar 50 Ah hingga penuh dalam waktu 2 jam diperlukan charger dengan tegangan output sebesar 13,8 volt, arus output sebesar 30 ampere, dan daya sebesar 414 watt. Semakin besar spek chager yang digunakan, pengisian akan semakin cepat namun berpotensi merusak sel aki.

Sebaliknya, semakin kecil spek charger yang digunakan, maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk mengisi aki. Semoga info singkat mengenai cara menghitung lama waktu pemakaian dan pengisian aki ini dapat menginspirasi para pembaca semuanya di manapun kalian berada. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • cara menghitung lama ngeca
  • cara menghitung lama pengecasan aki
  • lama waktu pengisian aki
  • rumus lama pengisian aki
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.