Cara Menghitung Nilai Kapasitor Paralel dan Seri

1731 views

Cara Menghitung Nilai Kapasitor Paralel dan Seri – Para teknisi elektronika seperti kita semua tentunya harus tahu dan memahami berbagai macam komponen elektronika mulai dari resistor, dioda, transistor, hingga kapasitor. Pasalnya komponen-komponen tersebut selalu kita jumpai di berbagai macam rangkaian elektronika.

Masing-masing komponen elektronika tersebut punya bentuk, jenis, dan fungsi masing-masing. Salah satunya yang paling umum adalah kapasitor. Sebelumnya telah kami jelaskan secara lengkap terkait pengertian dan fungsi kapasitor. Dan pada kesempatan kali ini akan dilanjutkan ke informasi mengenai bagaimana cara menghitung nilai kapasitor.

Untuk menghitung nilai sebuah resistor sangatlah mudah, tinggal lihat tulisan yang ada pada bodynya, atau bisa juga dengan menggunakan bantuan alat ukur multimeter alias avometer. Namun bagaimana jika kapasitor tersebut berada dalam sebuah rangkaian, dan jumlahnya tidak hanya satu? Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Menghitung Nilai Kapasitor Paralel

Seperti yang kita tahu bahwa ada dua jenis rangkaian listrik atau rangkaian elektronika. Yang pertama adalah rangkaian paralel, dan yang kedua adalah rangkaian seri. Berikut cara menghitung nilai kapasitor yang tersusun dalam rangkaian paralel lengkap dengan rumus dan penjabarannya.

Baca juga : Cara Mengukur Kapasitor dengan Multitester

Cara Menghitung Nilai Kapasitor Seri

Lantas bagaimana jika kapasitor disusun dalam rangakain seri? Sedikit berbeda dibanding dengan rangkaian kapasitor paralel yang hanya tinggal menjumlah saja, rangkaian kapasitor seri menggunakan rumus pembagian. Berikut info lengkap cara menghitung nilai kapasitor seri lengkap dengan rumus dan penjabarannya.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai mengenai cara mengukur atau mengetahui nilai dari kapasitor baik saat disusun secara seri maupun paralel. Jika kapasitor disusun dalam bentuk rangkaian campuran, tinggal kombinasikan saja kedua rumus tadi sehingga membentuk perhitungan yang tepat. Jika jumlah resistor yang dihitung banyak, tinggal dikalikan saja.

Semoga informasi singkat mengenai cara menghitung nilai kapasitor paralel dan seri ini dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya. Pantau terus situs belajarelektronika.net karena akan ada informasi lain yang lebih bermanfaat seputar elektronika pada umumnya mulai dari rangkaian, komponen, troubleshooting, dan masih banyak lagi yang lain.

Incoming search terms:

  • nilai kapasitor pada papan rangkaian tv LG c813
  • cara menentukan nilai kapasitor
  • rumus kapasitor seri dan paralel
  • nilai nilai kapasitor untuk pembuatan tone control
  • menghitung nilai kapasitor
  • kapasitor seri paralel
  • kapasitor para
  • cara menghitung susunan seri kapasitor
  • cara menghitung kapasitor ser
  • cara menggitung rangkaian kapasitor seri
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.