Cara Menghitung Nilai Resistor Berdasarkan Warna

15122 views

cara menghitung nilai resistor warnaCara Menghitung Nilai Resistor Berdasarkan Warna - Resistor adalah komponen elektronika pasif yang berfungsi sebagai tahanan atau hambatan arus dalam sebuah rangkaian elektronika. Komponen resistor terbagi menjadi dua macam, yakni resistor tetap dan resistor variabel. Resistor tetap adalah resistor yang nilai hambatannya tidak bisa berubah-ubah. Sebaliknya resistor variabel adalah resistor yang nilai hambatannya dapat berubah-ubah.

Berbicara soal resistor, tahukah anda bahwa warna-warna gelang pada komponen resistor tersebut memiliki makna? Ya, warna-warna gelang resistor tersebut dapat menunjukkan nilai dari hambatan resistor itu sendiri. Perlu diketahui  bahwa ada beberapa macam warna yang biasanya ada pada resistor, mulai dari warna hitam, coklat, merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu, abu-abu, putih, emas, dan perak.

Cara Menghitung Nilai Resistor

Masing-masing warna tersebut memiliki nilai tertentu. Jika anda ingin mengetahui nilai resistansi resistor tanpa menggunakan alat pengukur seperti avometer atau multitester, cukup amati warna-warna gelang tersebut. Berikut adalah nilai masing-masing warna yang terdapat pada gelang resistor.

kode warna resistor

Perlu diketahui bahwa ada resistor yang memiliki 4 gelang warna dan 5 gelang warna. Dan masing-masing resistor tersebut memiliki cara pengukurannya masing-masing. Berikut ini adalah cara mengukur nilai resistor dengan 4 gelang warna dan 5 gelang warna secara lengkap dan jelas.

Cara Menghitung Nilai Resistor 4 Warna

cara menghitung resistor 4 warna

Resistor yang memiliki 4 gelang warna sebenarnya terdiri dari 2 angka yang diukur, 1 angka perkalian, dan 1 angka di belakang berupa toleransi. Untuk mengetahui angka-angkanya, anda bisa melihat kode warna resistor yang telah dijelaskan di atas. Berikut adalah contoh pengukuran resistor dengan 4 gelang warna.

Warna gelang ke-1 : Coklat = 1
Warna gelang ke-2 : Hitam = 0
Warna gelang ke-3 : Hijau = 5 nol dibelakang angka warna gelang ke-2, atau kalikan angka 105
Warna gelang ke-4 : Perak = toleransi 10%

Jadi nilai Resistor tersebut adalah 10 x 105 = 1.000.000 Ohm atau 1 MOhm dengan nilai toleransi 10%

Cara Menghitung Nilai Resistor 5 Warna

cara menghitung resistor 5 warna

Resistor yang memiliki 5 gelang warna sebenarnya terdiri dari 3 angka yang diukur, 1 angka perkalian, dan 1 angka di belakang berupa toleransi. Untuk mengetahui angka-angkanya, anda bisa melihat kode warna resistor yang telah dijelaskan di atas. Berikut adalah contoh pengukuran resistor dengan 4 gelang warna.

Warna gelang ke-1 : Coklat = 1
Warna gelang ke-2 : Hitam = 0
Warna gelang ke-3 : Hijau = 5
Warna gelang ke-4 : Hijau = 5 nol dibelakang angka warna gelang ke-2, atau kalikan angka 105
Warna gelang ke-5 : Perak = toleransi 10%

Jadi nilai Resistor tersebut adalah 105 x 105 = 10.500.000 Ohm atau 10,5 MOhm dengan nilai toleransi 10%

Cara Menghitung Nilai Resistor Tanpa Gelang (Chip)

Lantas bagaimana cara mengukur resistor yang tidak memiliki gelang warna, alias hanya menggunakan tulisan angka saja? Ya, ada resistor tertentu yang biasanya digunakan pada rangkaian elektronika dengan tingkat kesulitan tinggi tanpa ada gelang warnanya. Hanya terdapat tulisan yang menunjukkan nilai resistansi komponen tersebut. Berikut adalah cara mengukurnya.

Contoh:

Sebuah resistor yang dalam bodynya tertulis angka 453, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Angka ke-1 memiliki nilai = 4
Angka ke-2 memiliki nilai = 5
Angka ke-3 merupakan jumlah nol dari angka 3 = 000 (3 nol) atau dikalikan dengan 103

Jadi, nilai resistor tersebut adalah 45.000 Ohm atau 475 kiloOhm atau 47 kOhm

Nah, itulah tadi sedikit informasi mengenai cara menghitung nilai resistor 5 warna ataupun 4 warna. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat, khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya mengenai rangkaian star delta.

Incoming search terms:

  • cara menghitung resistor
  • warna transistor kuning biru merah ungu coklat dan lain lain berapakah kalau kita rubah warna itu menjadi angka
  • cara menghitung kode warna resistor
  • menghitung resistor
  • kode resistor
  • warna resistor
  • tabel resistor 5 gelang warna
  • cara menghitung nilai hambatan resistor coklat hitam merah emas
  • gelanh resistor
  • contoh nilai resistir berdasarkan warna

Leave a reply "Cara Menghitung Nilai Resistor Berdasarkan Warna"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.