Cara Mengukur Kapasitor dengan Multitester Analog dan Digital

12309 views

cara mengukur kapasitorCara Mengukur Kapasitor dengan Multitester Analog dan Digital - Kapasitor adalah komponen elektronika dasar yang memiliki fungsi sebagai penyimpan muatan listrik untuk sementara waktu. Komponen kapasitor termasuk salah satu komponen elektronika pasif yang kerap digunakan digunakan di berbagai jenis rangkaian elektronika.

Kapasitor memiliki berbagai jenis mulai dari kapasitor keramik, kertas, elektrolit, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu juga terdapat kapasitor bipolar dan unipolar. Pada kesempatan yang baik ini, belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi mengenai cara mengukur kapasitor, setelah sebelumnya juga sempat berbagi info mengenai cara mengukur resistor.

Cara Mengukur Kapasitor atau Kondensator

Pada umumnya, untuk mengetahui nilai kapasitansi sebuah kapasitor, diperlukan sebuah alat yang bernama Capacitance Meter atau Kapasitansi Meter. Namun alat tersebut jarang digunakan. Para teknisi elektronika lebih memilih alat untuk mengukur berbagai macam satuan sekaligus (kapasitansi, induktansi, dan resistansi). Alat yang dimaksud adalaj multimeter atau multitester.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa ada dua jenis multimeter, yakni multimeter analog dan multimeter digital. Dua jenis multimeter tersebut kerap digunakan untuk kegiatan pengukuran elektronika. Namun yang dapat digunakan untuk mengukur kapasitansi sebuah kapasitor adalah multimeter digital yang memiliki fitur untuk mengukur kapasitansi.

Sedangkan multimeter analog hanya dapat digunakan untuk menguji sebuah kapasitor ini masih dalam keadaan normal atau sudah rusak. Nah, buat anda yang penasaran bagaimana caranya, langsung saja simak baik-baik ulasan terbaru dari belajarelektronika.net yang satu ini.

Cara Menguji Kapasitor dengan Multimeter Analog

Cara ini dilakukan hanya untuk mengetahui apakah kapasitor masih dalam keadaan baik atau rusak, bukan untuk mengetahui nilai kapasitansi sebuah kapasitor. Cara yang satu ini dilakukan menggunakan sebuah multimeter atau avometer analog untuk menguji sebuah Kapasitor Elektrolit (ELCO).

  1. Pertama-tama atur posisi sklar avometer ke posisi Ohm (Ω) skala x1K
  2. Setelah itu hubungkan probe merah ke kaki positif, dan probe hitam ke kaki negatif
  3. Amati display pada avometer
    - Jika jarum bergerak naik dan balik lagi, berarti kapasitor masih oke
    - Jika jarum bergerak naik dan tidak balik lagi, berarti kapasitor rusak
    - Jika jarum tidak bergerak sama sekali, berarti kapasitor rusak

Cara Mengukur Kapasitor dengan Multimeter Digital

Cara ini dilakukan untuk mengetahui nilai kapasitansi sebuah kapasitor. Namun cara ini harus menggunakan avometer digital yang memiliki fitur untuk mengukur kapasitansi layaknya sebuah kapasitansi meter. Cara ini dapat dilakukan untuk mengukur semua jenis kapasitor.

  1. Pertama-tama atur posisi saklar pada avometer di posisi simbol kapasitor
  2. Setelah itu hubungkan probe merah dan hitam ke kaki-kaki kapasitor
  3. Amati display pada avometer dan baca nilainya

Demikian sedikit informasi mengenai cara mengukur kapasitor dengan avometer digital dan analog. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat bagi para pembaca belajarelektronika.net semuanya. Sampai jumpa di ulasan menarik lainnya dan bagikan artikel ini kepada teman-teman apabila dianggap bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara mengukur kapasitor
  • cara mengukur kapasitor keramik
  • cara mengukur kapasitor keramik dengan multitester
  • cara mengukur elco dengan multitester digital
  • cara mengukur kapasitor keramik dengan multitester digital
  • carA cek kapasitor
  • cara mengecek kapasitor
  • cara ukur kapasitor keramik
  • cara mengukur elco dengan multimeter digital
  • cara mengecek kapasitor kipas angin dengan multitester

Leave a reply "Cara Mengukur Kapasitor dengan Multitester Analog dan Digital"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.