Cara Mengukur Tegangan Listrik DC dan AC

5731 views

cara mengukur tegangan listrik dc acCara Mengukur Tegangan Listrik DC dan AC - Mengukur tegangan listrik adalah salah satu skill yang harus dikuasai oleh seorang teknisi elektronika. Oleh karena itu bagi anda yang saat ini tengah belajar mendalami dunia elektronika, sangat penting untuk belajar mengukur dan menghitung tegangan listrik.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa ada dua jenis tegangan listrik, yakni tegangan DC dan AC. Tegangan DC merupakan tegangan searah, sedangkan AC adalah tagangan bolak-balik. Tegangan DC biasa dijumpai pada output power supply, sedangkan tegangan AC bisa dijumpai pada listrik rumahan dari PLN.

Cara Mengukur Tegangan Listrik

Pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi mengenai cara mengukur tegangan listrik baik AC maupun DC. Alat yang digunakan untuk mengukur tegangan tersebut tentunya adalah avometer atau multitester. Penasaran bagaimana caranya? Simak baik-baik ulasan belajarelektronika.net berikut ini.

Cara Mengukur Tegangan DC

  1. Pertama-tama silahkan siapkan avometer dan sumber tegangan yang diukur (aki atau power supply)
  2. Setelah itu perkirakan perapa tegangan dari sumber tegangan yang ingin anda ukur, misalnya 10 volt
  3. Jika misal perkiraan tegangan 10 volt, maka putar saklar avometer ke DC volt tegangan di atas 10 volt, misal DCV 50V
  4. Setelah itu tempelkan probe merah pada kutub positif sumber tegangan, dan probe hitam ke kutub negatif sumber tegangan
  5. Amati display pergerakan jarum (jika avo analog) dan angka (jika avo digital) untuk mengetahui berapa besarnya tegangan

Cara Mengukur Tegangan AC

  1. Pertama-tama silahkan siapkan avometer dan sumber tegangan yang diukur
  2. Setelah itu perkirakan perapa tegangan dari sumber tegangan yang ingin anda ukur, misalnya 220 volt
  3. Jika misal perkiraan tegangan 220 volt, maka putar saklar avometer ke AC volt tegangan di atas 220 volt, misal ACV 250V
  4. Setelah itu tempelkan probe merah pada salah satu sumber tegangan, dan probe hitam ke sumber lainnya (bolak-balik tidak masalah)
  5. Amati display pergerakan jarum (jika avo analog) dan angka (jika avo digital) untuk mengetahui berapa besarnya tegangan

Bagaimana, mudah bukan? Demikian sedikit informasi mengenai cara mengukur tegangan listrik DC maupun AC. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca setia belajarelektronika.net semuanya. Sampai jumpa di ulasan yang tak kalah menarik berikutnya.

 

Incoming search terms:

  • bagaimana mengukur tegangan AC output?
  • cara mengukur dc dan ac
  • cara mengukur tegangan arus AC DC
  • cek volt dc diatas 50v dc

Leave a reply "Cara Mengukur Tegangan Listrik DC dan AC"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.