Cara Menyambung Kabel USB yang Putus

15442 views

cara menyambung kabel usb yang putusCara Menyambung Kabel USB yang Putus - Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kabel USB. Ya, kabel USB ini biasanya digunakan untuk mentransfer data dari komputer ke perangkat mobile seperti kamera, smartphone, tablet ataupun sebaliknya. Kabel USB terdiri dari beberapa kabel kecil yang biasanya memiliki warna berbeda-beda tiap kabelnya.

Karena sering digunakan untuk melakukan transfer data ataupun pengisian daya, tak jarang kabel USB rusak karena terputus. Sebenarnya masalah tersebut sangat umum, dan sering dialami oleh para pengguna komputer, smartphone, ataupun perangkat lain yang berhubungan dengan kabel USB.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai bagaimana cara menyambung kabel USB yang putus dengan mudah dan cepat. Nah, bagi anda yang penasaran dan ingin tahu informasi lengkapnya, silahkan simak baik-baik ulasan belajarelektronika.net berikut ini.

Cara Menyambung Kabel USB

Sebelum memulai proses penyambungkan kabel USB, anda harus menyiapkan terlebih dahulu beberapa alat yang dibutuhkan seperti gunting atau cutter, korek api, isolasi, dan avometer. Setelah semua alat yang dibutuhkan siap, langsung amati gambar susunan kabel USB yang ada di bawah ini.

skema kabel usb

Nah, setelah anda mengetahui susunan kabel USB, anda bisa langsung memulai proses penyambungan kabel USB yang putus. Ingat, lakukan setiap langkah-langkah yang kami berikan dengan hati-hati dan teliti, mengingat sebagian alat yang digunakan bersifat tajam dan dapat melukai.

Baca juga : Cara Menyambung Kabel Listrik

  1. Pertama-tama ambil kabel USB yang putus. Jika anda belum tahu putusnya di bagian mana, silahkan cek menggunakan avometer
  2. Setelah anda menemukan bagian kabel USB yang putus, langsung gunting dan sisihkan bagian kabel yang putus
  3. Kupas ujung-ujung kabel USB menggunakan korek api
  4. Sambungkan semua kabel sesuai dengan warna yang sama. Merah dengan merah, hijau dengan hijau, putih dengan putih, dan hitam dengan hitam
  5. Setelah itu isolasi semua sambungan kabel agar tidak tersambung satu sama lain
  6. Lanjut tes kembali menggunakan avometer untuk mengetahui apakah kabel sudah tersambung dengan sempurna atau belum
  7. Jangan lupa tes juga kabel USB untuk melakukan transfer data atau isi daya baterai HP

Demikian sedikit informasi mengenai cara menyambung kabel USB yang putus. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi, khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa di ulasan yang tak kalah menarik berikutnya hanya di belajarelektronika.net.

Incoming search terms:

  • cara menyambung kabel usb dengan kabel charger biasa
  • cara menyambung kabel charger hp yang putus
  • cara menyambung kabel usb yang putus
  • cara menyambung kabel usb dengan charger
  • cara menyambung kabel cas hp
  • cara menyambung kabel usb
  • urutan warna kabel usb charger
  • cara menyambung kabel charger hp
  • Cara memperbaiki kabel usb
  • warna kabel usb

Leave a reply "Cara Menyambung Kabel USB yang Putus"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.