Cara Merangkai Lampu LED 12 Volt Sendiri

13915 views

cara merangkai lampu LED 12 voltCara Merangkai Lampu LED 12 Volt Sendiri - Sebagian besar dari anda pasti juga sudah tahu bahwa lampu dari LED memiliki kelebihan dalam menghemat daya, karena konsumsi energinya lebih sedikit dibanding jenis lampu lainnya seperti lampu pijar maupun lampu TL. Tak heran jika kini banyak orang yang berpindah dari lampu konvensional menuju ke lampu LED.

Selain karena hemat energi dan hemat biaya, nyala lampu LED pun tak kalah terang dibanding dengan lampu konvensional. Malah beberapa orang menganggap bahwa nyala lampu LED lebih terang dibanding dengan lampu TL ataupun lampu pijar. Itulah beberapa alasan kuat mengapa kini lampu LED semakin diminati.

Namun masalahnya adalah, masih belum banyak toko komponen ataupun toko elektronik yang menjual lampu LED. Kalaupun ada, pasti harganya lebih mahal dibandingkan dengan lampu konvensional. Solusinya adalah dengan cara membuat lampu LED sendiri. Ya, kita dapat merakit lampu LED dengan mudah dan tentunya hanya perlu biaya yang minim.

Cara Merangkai Lampu LED 12 Volt

Nah, pada kesempatan yang sangat bagus ini, Belajar Elektronika akan mencoba berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai bagaimana cara membuat atau merakit lampu LED sendiri dengan biaya yang minim, namun kualitas yang bagus. Penasaran? Silahkah lihat skema rangkaian di bawah ini.

cara merakit lampu LED

Dari skema rangkaian lampu LED sederhana tersebut anda bisa tahu bagaimana cara merangkai atau merakit LED yang benar. Dari contoh di atas, rangkaian tersebut hanya memerlukan tegangan 12 volt saja. Anda bisa memodifikasi rangkaian tersebut sesuai kebutuhan, misal dengan menambah jumlah LED agar lebih terang.

Baca juga : Rangkaian Dimmer LED

Namun tetap harus perhatikan perhitungan tegangannya. Apabila jumlah LED semakin banyak, maka secara otomatis konsumsi tegangannya juga harus ditambah. Anda juga bisa melakukan modif untuk mengatur seberapa terang nyala lampu LED dengan menambahkan rangkaian dimmer.

Demikian informasi singkat mengenai cara merangkai lampu LED 12 volt sederhana. Semoga informasi yang kami bagikan tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi, khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda apabila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara membuat lampu
  • rangkaian led 12 volt super terang
  • Cara memperbaiki lampu led
  • merakit lampu led 12 volt
  • rangkaian lampu led motor
  • lampu led 12 volt
  • cara membuat lampu led super terang
  • Led 12 v
  • membuat lampu led 12 volt
  • cara membuat lampu led 12 volt

Leave a reply "Cara Merangkai Lampu LED 12 Volt Sendiri"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.