Cara Merangkai Lampu LED dengan Baterai HP

453 views

Cara Merangkai Lampu LED dengan Baterai HP – Ada banyak hal yang bisa dilakukan jika kita mengusai berbagai macam teori elektronika. Salah satunya adalah membuat alat-alat sederhana yang bisa bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari yang terkadang tak banyak orang yang menyadarinya.

Nah, pada kesempatan yang bagus ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat bagaimana cara merangkai beberapa komponen LED menjadi satu dan menghubungkannya dengan sebuah sumber listrik ntah itu baterai HP, baterai AAA seperti baterai ABC, baterai 9 volt, atau bahkan power supply seperti charger HP bekas.

Perlu anda ketahui bahwa sebuah LED memiliki dua kaki, yakni anoda dan katoda. Nah, dari dua kaki yang berbeda tersebut kita bisa merangkainya dalam dua bentuk, yakni secara seri alias urut, atau secara paralel alias berjajar. Tentunya anda semua pasti sudah pernah belajar tentang rangkaian seri atau paralel bukan?

Cara Merangkai Lampu LED

Jika anda masih bingung dengan apa itu rangkaian seri dan paralel, silahkan baca tulisan kami sebelumnya mengenai perbedaan rangkaian seri dan paralel. Jika sudah, kita lanjutkan pembahasan terkait bagaimana cara merangkai lampu LED secara seri maupun paralel dengan benar.

Sebenarnya perbedaan antara rangkaian LED secara seri dan paralel tidak hanya terletak pada susunannya saja, namun ada beberapa kelebihan dan kekurangan jika anda memilih salah satu dari dua jenis rangkaian tersebut. Jadi silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk info lebih lengkap bisa dilihat pada ulasan berikut.

Cara Merangkai Lampu LED Secara Seri

Sebelum anda merangkai lampu LED secara seri, ada beberapa poin penting yang harus anda perhatikan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Oke, berikut beberapa poin penting yang harus anda tahu terkait susunan lampu LED yang dibuat secara seri alias secara berurutan.

  • Arus yang mengalir di tiap-tiap LED adalah sama
  • Total Tegangan pada rangkaian sama jumlahnya dengan tegangan di tiap LED
  • Apabila satu LED rusak, semua rangkaian tidak berfungsi
  • Tiap-tiap LED lebih mudah dirangkaian dan tak butuh banyak kabel

Baca juga : Rangkaian LED Cube Sederhana

Cara Merangkai Lampu LED Secara Paralel

Sebelum anda merangkai lampu LED secara paralel, ada beberapa poin penting yang harus anda perhatikan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Oke, berikut beberapa poin penting yang harus anda tahu terkait susunan lampu LED yang dibuat secara paralel alias secara berjajar.

  • Tiap-tiap LED membutuhkan tegangan yang sama
  • Total Arus yang mengalir para rangkaian sama dengan arus yang mengalir di tiap LED
  • Arus keluaran dibagi melalui setiap baris paralel LED
  • Penyusunan tiap-tiap LED sedikit lebih rumit dan butuh lebih banyak kabel

Mengubungkan LED dengan Baterai HP

Nah, setelah anda paham dengan rangkaian lampu LED, silahkan hubungkan dengan baterai agar bisa menyala. Anda tak perlu bingung karena pada baterai HP pasti terdapat keterangan terkait dengan kutub negatif dan positifnya. Oleh karena itu jangan sampai terbalik dalam pemasangannya. Misal contoh pada gambar di bawah ini.

Perhatikan pula nilai tegangan output baterai. Misalnya pada contoh baterai di atas punya output tegangan 3,7 volt DC. Oleh sebab itu sesuaikan dengan jumlah LED yang anda rangkaian. Jika anda menggunakan sedikit LED, bisa tambahkan resistor. Mungkin artikel terkait Rangkaian Resistor yang sudah kami tulis sebelumnya juga bermanfaat.

Intinya, anda bisa menggunakan berbagai sumber tegangan mulai dari baterai HP, power bank, charger dan lain-lain asal nilainya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh rangkaian LED yang sudah anda buat sebelumnya. Jika sumber tegangan anda kecil, jangan gunakan terlalu banyak LED, begitu pula sebaliknya.

Oke, demikianlah tadi ulasan singkat terkait cara merangkaian lampu LED sederhana yang benar dan mudah. Semoga info tadi bisa bermanfaat utamanya bagi ada yang ingin mencoba membuat rangkaian lampu LED sendiri menggunakan komponen-komponen elektronika sederhana. Sampai jumpa.

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.