Cara Modifikasi Power Amplifier OCL Agar Bass Mantap

1201 views

Cara Modifikasi Power Amplifier OCL Agar Bass Mantap – Sebagian besar dari anda tentu sudah tidak asing lagi yang namanya rangkaian power amplifier. Ya, rangkaian tersebut memang sangat akrab terutama di kalangan pehobi audio. Sampai saat ini ada banyak sekali jenis amplifier mulai dari yang rakitan sampai dengan build up.

Nah, jika anda memiliki sebuah amplifier namun kualitas suara bass yang dihasilkan kurang mantap, jangan kawatir karena anda bisa memodifikasinya agar kualitas suara bass yang dihasilkan jadi lebih mantap. Saat ini banyak sekali amplifier baik build up maupun rakitan yang dijual murah di pasaran.

Anda bisa membeli power amplifier tersebut lalu memodifikasinya sendiri agar kualias suara yang dihasilkan bisa sesuai dengan selera. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa suara bass pada sebuah amplifier baik amplifier jenis OCL, blazer, morales, dan lain sebagainya.

Cara Modifikasi Bass Power Amplifier

Untuk mendapatkan hasil suara bass yang lebih mantap, ada beberapa bagian pada amplifier yang bisa dilakukan perubahan atau modifikasi. Salah satunya adalah bagian power supply. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak baik-baik info cara modifikasi power amplifier agar bass mantap berikut ini.

1. Perbesar Nilai Watt

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar bas amplifier lebih mantap adalah dengan memperbesar daya alias nilai watt. Caranya adalah dengan memperbesar nilai tegangan pada power supply yang digunakan. Rangkaian power supply +47v, CT, -47v mampu menghasilkan 250 W rms di setiap pasang output transistor finalnya.

Jika anda menggunakan supply +32v, CT, -32v, jangan memaksakan menggunakan speaker besar seperti ukuran 15 inci karena kualitas bass yang dihasilkan akan kurang mantap. Usahakan sebisa mungkin untuk menyesuaikan spek amplifier dengan ukuran speaker yang digunakan agar suara lebih mantap.

2. Perbanyak Rail Transistor

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan kualitas bass yang lebih mantap pada sebuah amplifier adalah dengan memperbanyak rail transistor final. Gunakan minimal dua buah rail transistor final. Satu rail dapat diartikan sebagai satu pasang. Tujuan menggunakan banyak rail adalah untuk mengurangi panas dan juga memperingan kerja transistor.

Baca juga : Macam-macam Transistor Final Amplifier

3. Sesuaikan Ukuran Speaker

Percuma anda memiliki amplifier yang mantap namun speaker yang anda gunakan tidak sesuai dengan spek amplifiernya. Jika anda hendak mendapatkan kualitas bass yang menggelegar, jangan gunakan speaker 12 inci karena karakternya cenderung ke kick drum dan treble. Sedangkan untuk speaker 15 inci karakternya cenderung mengarah ke mid bass dan gitar bass.

4. Gunakan Master Mixer

Cara yang satu ini sebenarnya ditujukan khusus untuk power amplifier jenis blazer karena punya gain yang rendah. Untuk mendapatkan hasil suara yang mantap pada power blazer, silahkan gunakan master mixer ataupun giga bass. Pasang rangkaian tersebut pada input amplifier guna mendapatkan suara yang bass yang lebih mantap.

5. Lakukan Modifikasi Rangkaian

Satu lagi cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan suara bass amplifier yang mantap adalah dengan memodifikasi rangkaian serta komponen yang ada di dalamnya. Pada umumya sebuah amplifier memiliki 5 komponen dasar yakni IC op-amp, resistor input, resistor gain, jaringan R dan C.

Semakin kecil nilai resistor gain dan input, semakin kecil pula penguatan dan noisenya. Begitu juga sebaliknya. Sedangkan untuk jaringan R dan C berkaitan dengan resonansi bass. Semakin besar nilai C (elco), semakin empuk bassnya, sebaliknya semakin kecil nilai C (elco), semakin mid bassnya.

Jadi anda bisa menyesuaikan nilai-nilai komponen dan rangkaian tersebut sesuai kebutuhan untuk mendapatkan kualitas suara bass seperti yang diharapkan. Karena karakter suara yang diinginkan orang satu dan orang lain tentu akan berbeda-beda. Semoga info cara modifikasi power amplifier agar bass mantap ini bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara membuat free energi dari
  • servis power amplifier agar bass mantap
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.