Cara Pasang Relay Lampu Motor dan Mobil

6856 views

cara pasang relay lampu mobil motorCara Pasang Relay Lampu Motor dan Mobil - Pada kesempatan sebelumnya, Belajar Elektronika telah banyak membahas mengenai komponen relay. Buat anda yang belum tahu, relay adalah komponen elektronika yang berupa switch atau saklar elektrik yang beroperasi dengan bantuan listrik.

Komponen yang satu ini tak hanya diaplikasikan di dalam rangkaian elektronika biasa, namun juga digunakan pada bidang otomotif seperti mobil dan motor. Penggunaan relay dalam kendaraan bermotor adalah sebagai saklar, biasanya digunakan untuk mematikan dan menyalakan lampu.

Nah, pada kesempatan yang baik ini Belajar Elektronika akan mengajak anda semua untuk melihat sedikit informasi mengenai bagaimana cara memasang relay lampu motor dan mobil dengan benar. Bagi anda yang penasaran bisa langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Pasang Relay Lampu Motor

Untuk memasang relay lampu motor sebagai saklar on/off, anda perlu memotong beberapa kabel yang terhubung dengan lampu, yakni kabel HI, LO, dan juga GND. Usahakan untuk tidak menyentuk rangkaian atau kabel-kabel lain karena kita akan fokus pada ketiga kabel yang terhubung pada headlamp tersebut.

Setelah itu siapkan dua buah relay, yang satu relay berkaki 4 dan yang satu relay berkaki 5. Anda juga bisa menggunakan relay mobil karena dapat menghandle daya yang lebih besar. Siapkan pula socket, kabel, dan juga fuse 10 ampere atau 20 ampere. Setelah semua siap, rangkaian seperti skema yang ada di bawah ini.

cara pasang relay lampu motor

Cara Pasang Relay Lampu Mobil

Sedikit berbeda dari cara memasang relay lampu motor, dalam memasang relay lampu mobil ini ada dua cara, yakni dengan membeli satu set lampu relay atau dengan membuatnya sendiri. Cara pertama lebih simpel namun harganya cukup mahal, dan cara kedua sedikit rumit dan harganya murah.

Untuk memasang set lampu relay tinggal hubungkan socket lampu dengan socket terminal positif dan negatif accu, dan relay lampu siap digunakan. Terdapat beberapa pilihan set relay mulai dari 2 relay, 3 relay, sampai dengan 4 relay. Harganya juga bervariasi kisaran 100 hingga 300 ribu.

Sedangkan cara membuat relay lampu mobil sendiri cukup rumit. Anda harus membeli relay dan socket sendiri kemudian merangkainya. Harganya memang lebih terjangkau, bisa kurang dari 100 ribu. Namun konsekuensinya, anda harus bisa membuat rangkaian seperti skema berikut ini.

cara pasang relay lampu mobil

Baca juga : Fungsi dan Cara Kerja Relay

Keterangan:

  • Kode 30 untuk kabel positif accu (tambah sekring dulu)
  • Kode 86 untuk kabel ground atau body mobil
  • ¬†Kode 85 untuk kabel dari saklar lampu
  • Kode 87 untuk kabel yang menuju ke lampu

Demikian informasi singkat mengenai cara pasang relay lampu motor dan mobil. Semoga tulisan yang kami bagikan kali ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman anda melalui tombol sosial media di bawah ini.

Incoming search terms:

  • cara pasang relay lampu motor
  • cara pasang relay lampu
  • cara pasang relay
  • relay lampu
  • cara pasang relay lampu mobil
  • cara memasang relay lampu mobil
  • cara memasang relay lampu motor
  • rangkaian relay lampu
  • cara memasang relay lampu pada motor
  • cara memasang relay lampu

Leave a reply "Cara Pasang Relay Lampu Motor dan Mobil"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.