Cara Reset Arduino Uno dengan Program Sederhana

1168 views

Cara Reset Arduino Uno dengan Program Sederhana – Sama seperti sistem kontrol pada umumnya, Arduino khususnya Arduino Uno juga bisa mengalami masalah crash atau hang program. Masalah tersebut bisa disebabkan karena beberapa faktor. Oleh sebab itu pada hardware sebuah sistem kontrol pasti dilengkapi dengan tombol reset.

Tombol tersebut sangat berfungsi apabila terjadi masalah pada sebuah program. Karena dengan tombol tersebut program bisa kembali berjalan normal tanpa hang atau crash. Yang jadi permasalahan adalah, biasnya tombol tersebut menjadi sepaket dengan komponen utama. Jadi apabila sudah terpasang di suatu tempat, kadang kala kita sulit untuk menjangkaunya.

Nah, untuk Arduino Uno sendiri sebenarnya kita bisa mengakalinya dengan cara reset menggunakan program sederhana. Jadi saat Arduino Uni yang kita miliki mengalami masalah seperti hang atau crash, kita tidak perlu menekan tombol fisik untuk reset. Cukup dengan menggunakan program yang kita maksud.

Cara Reset Arduino Uno dengan Program

Sebenarnya program untuk reset Arduino Uno ini cukup sederhana, hanya dengan menggunakan beberapa fungsi saja. Nah, bagi anda yang penasaran, langsung saja berikut program untuk reset Arduino Uno otomatis tanpa perlu tekan tombol reset. Anda bisa langsung copy paste program yang ada di bawah ini, lalu transfer ke Arduino Uno yang anda gunakan.

void(* ku_reset) (void) = 0;
void setup() {    
  Serial.begin(9600);
  Serial.println(“ini di blok setup Arduino”);
  Serial.println(“http://saptaji.com”);
  delay(1000);
}
void loop()
{
  Serial.println(“ini di blok loop Arduino”);
  delay(1000);              
  Serial.println(“siap-siap reset Arduino”);
  Serial.println();
  delay(1000);
  ku_reset();
  Serial.println(“ga bakal sampai sini karena udah di-reset”);
}

Bagaimana, sangat simpel bukan? Sebenarnya anda bisa melakukan modifikasi terhadap program tersebut akan Arduino Uno yang anda gunakan bisa reset secara berkala, misal sehari sekali, seminggu sekali, ataupun sebulan sekali jikalau memang Arduino tersebut digunakan 24 jam non stop.

Dengan begitu beban pekerjaan anda untuk terus monitoring Arduino yang hang bisa lebih ringan. Jika anda ingin melakukan penjadwalan untuk merefresh Arduino Uni, bisa gunakan fungsi library time atau time alarm. Untuk tutorialnya mungkin bisa kami bahas pada ulasan yang akan datang.

Oleh karena itu jangan bosan-bosan pantau terus situs belajarelektronika.net. Semoga ulasan mengenai cara reset Arduino Uno dengan program sederhana tanpa perlu menekan tombol reset ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua dimanapun anda berada. Jangan lupa share info ini ke sesama teman anda yang suka dengan Arduino.

Incoming search terms:

  • cara reset arduino uno
  • cara reset arduino uno r3
  • cara membuat tobol reset arduino
  • cara mereset program adruino uno
  • cara mereset program arduino
  • cara reset ar
  • cara reset program arduino
  • cara riset ulang arduino
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.