Cara Setting Alarm Listrik Prabayar (Token Pulsa)

596 views

Cara Setting Alarm Listrik Prabayar (Token Pulsa) – Seperti yang kita tahu bahwa saat ini PLN menerapkan layanan listrik prabayar kepada para pelanggannya. Sebelumnya layanan ini masih belum ada, sehingga pelanggan menggunakan prinsip pascabayar. Dengan adanya layanan listrik prabayar ini ada beberapa keuntungan dan kerugian yang didapat.

Sebelum itu, bagi anda yang belum tahu. Layanan listrik prabayar ini memungkinkan pelanggan untuk menikmati listrik dari PLN dengan cara membelinya terlebih dahulu seperti halnya pulsa HP. Jadi pelanggan bisa membeli sejumlah pulsa atau token sesuai dengan nominal yang dikehendakinya.

Jadi jumlah pulsa atau token yang dibeli bebas sesuai dengan kebutuhan. Untuk harga listrik per kWh berubah-ubah sesuai kebijakan dari PLN. Baru-baru ini juga terdengar kabar bahwa harga tarif listrik per kWh juga kembali naik, dan wacana bahwa PLN akan menghapus listrik 900 VA dan 1.300 VA.

Cara Setting Alarm Listrik Prabayar

Terlepas dari hal tersebut, penggunaan listrik prabayar juga memudahkan pelanggan karena sudah dilengkapi dengan alarm khusus pada kWh meter yang tertempel di setiap rumah. Jadi alarm tersebut akan berbunyi secara otomatis pada saat pulsa atau token listrik hampir habis.

Sayangnya ada banyak pengguna yang mengeluh karena pulsa atau token listriknya masih banyak namun alarm sudah berbunyi. Sebenarnya hal tersebut bukan masalah yang rumit karena kita bisa mengatur batas minimal pulsa yang membuat alarm berbunyi. Pengaturan tersebut memang sudah disediakan oleh pihak PLN untuk memudahkan pengguna.

Buat anda para pengguna listrik prabayar yang belum rahu bagaimana cara setting batas minimal alarm listrik prabayar atau listrik pulsa berbunyi, langsung saja simak baik-baik ulasan berikut. Sebelum itu anda perlu tahu bahwa ada beberapa tipe kWh meter yang ada saat ini, mulai dari ITRON, HEKING, GLOMET, dan lain sebagainya. Oke, langsung saja simak ulasannya.

Cara Mengubah Batas Minimal Bunyi Alarm Listrik Pulsa

  1. Pertama-tama lihat tombol-tombol angka yang ada pada kWh meter
  2. Setelah itu tekan tombol 456xx (xx adalah batas minimal angka alarm berbunyi). Misal anda menghendaki alarm berbunyi ketika sudah melewati batas angka 5, maka silahkan tekan tombol 45605. Sesuaikan dua angka paling belakang dengan kebutuhan anda
  3. Jika sudah, silahkan tekan enter

Bagaimana, sangat gampang bukan. Cara mengubah setting bunyi alarm listrik pulsa atau listrik prabayar tadi juga bisa anda terapkan pada kWh meter atau meteran listrik Melcoinda, Star, Holey, Conlog, Actaris, Landis, dan lain-lain. Selain itu anda bisa juga bisa mengecek batas minimall bunyi alarm listrik prabayar yang sudah distel. Berikut infonya.

Baca juga : Cara Menghemat Pulsa Token Listrik Prabayar

Cara Cek Batas Minimal Bunyi Alarm Listrik Pulsa

  1. Pertama-tama lihat tombol-tombol angka yang ada pada kWh meter
  2. Setelah itu tekan tombol 79
  3. Jika sudah, silahkan tekan enter
  4. Jumlah pulsa minima alarm berbunyi akan ditampilkan pada layar

Nah, jika anda terganggu dengan bunyi alarm yang keras, anda juga bisa mematikan bunyi alarm ketika pulsa listrik atau token yang anda miliki sudah melewati batas minimal. Berikut tutorial bagaimana cara mematikan bunyi alarm listrik prabayar atau listrik pulsa yang mengganggu dengan mudah.

Cara Mematikan Bunyi Alarm Listrik Pulsa

  1. Pertama-tama lihat tombol-tombol angka yang ada pada kWh meter
  2. Setelah itu tekan tombol 812
  3. Jika sudah, silahkan tekan enter
  4. Secara otomatis alarm akan berhenti berbunyi

Oke, demikian tadi informasi mengenai cara setting alarm listrik pulsa atau listrik prabayar dengan mudah menggunakan tombol-tombol angka yang ada pada meteran listrik. Semoga informasi tadi bisa memberikan manfaat bagi anda semua, utamanya para pengguna atau pelanggan listrik prabayar. Sampai jumpa.

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.