Contoh Rangkaian Elektronika Sederhana

5730 views

contoh rangkaian elektronika sederhanaContoh Rangkaian Elektronika Sederhana - Setelah anda mengetahui jenis-jenis komponen elektronika dan apa saja fungsinya, materi belajar elektronika kali ini akan dilanjutkan ke rangkaian elektronika. Buat anda yang masih pemula dan baru belajar elektronika, sebaiknya mencoba membuat rangkaian elektronika sederhana terlebih dahulu.

Karena rangkaian elektronika sederhana dianggap lebih mudah dan tidak rumit. Selain ini komponen elektronika yang diperlukan untuk membuat rangkaian elektronika sederhana juga tak banyak. Sebelumnya belajarelektronika.net telah membahas mengenai rangkaian elektronika terbaru. Anda bisa membacanya terlebih dahulu untuk menambah wawasan.

Contoh Rangkaian Elektronika Sederhana

Oke, setelah anda membaca artikel tersebut pastinya anda semakin penasaran dengan contoh rangkaian elektronika sederhana yang bisa kita buat. Buat anda yang penasaran dan ingin tahu rangkaian sederhana seperti apa yang hendak dibuat, langsung saja simak baik-baik ulasan belajarelektronika.net berikut ini.

1. Rangkaian Flip-Flop

Rangkaian Flip-Flop

Pastinya sebagian besar dari anda sudah tahu apa itu rangkaian flip-flop. Rangakaian yang satu ini termasuk salah satu rangkaian dasar dan terbilang sangat sederhana. Jadi prinsip kerja dari rangkaian ini adalah dapat membuat lampu atau LED mati dan menyala secara bergantian. Komponen yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian ini sangalah simpel, diantaranya adalah resistor, kapasitor, transistor, dan LED.

2. Rangkaian Alarm Motor

Rangkaian Alarm Motor

Dari namanya saja pasti anda sudah bisa menebak bahwa rangkaian yang satu ini digunakan untuk mengamankan kendaraan motor dari tangan-tangan jahat seperti maling. Prinsip kerja dari rangkain ini tak jauh berbeda dari alarm anti motor pada umumnya. Namun komponen yang digunakan untuk membuat rangkaian ini jauh lebih sederhana.

3. Rangkaian LED Berjalan

Rangkaian LED Berjalan

Prinsip kerja dari rangkaian LED berjalan ini sebenarnya tak jauh berbeda dari rangkaian flip-flop. Hanya saja output LED yang digunakan lebih banyak. Jadi memerlukan sebuah IC yang dapat mengatur mati dan nyalanya LED. Komponen yang diperlukan untuk membuat rangkaian ini terbilang cukup sederhana.

Rangkaian Lainnya >> Rangkaian Elektronika Sederhana dan Cara Kerjanya

Sekian informasi mengenai contoh rangkaian elektronika sederhana. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat memberikan manfaat sekaligus inspirasi utamanya bagi para pembaca setia belajarlektronika.net. Sampai jumpa, dan baca artikel menarik lainnya mengenai elektronika dasar.

Incoming search terms:

  • rangkaian elektronika
  • contoh rangkaian sederhana
  • contoh belajar elektronik
  • membuat rangkaian elektronika sederhana
  • contoh rangkaian elektronika
  • rangkaian rem angin motor
  • belajar membuat rangkaian elektronika sederhana
  • rangkain sederhana
  • contoh rangkaian elektronik sederhana
  • rangkain elektronik

Leave a reply "Contoh Rangkaian Elektronika Sederhana"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.