Elektronika Analog dan Digital Dasar

1803 views

elektronika analog dan digitalElektronika Analog dan Digital Dasar - Materi pembelajaran seputar elektronika memang sangat luas, mulai dari teori pengertian elektronika analog dan digital, teori elektronika dan kelistrikan, komponen elektronika, alat ukur, sampai dengan rangkaian elektronika baik yang sederhana sampai yang rumit.

Semua materi tersebut sebagian besar sudah dijabarkan pada artikel-artikel yang ada di web belajarelektronika.net. Anda bisa mencari dan membacanya melalui navigasi yang telah disediakan. Dan pada kesempatan yang baik ini, belajarelektronika.net akan melanjutkan materi belajar elektronika mengenai teori elektronika analog dan digital secara mendasar.

Perlu diketahui bahwa sistem elektronika terbagi atas dua jenis, yakni elektronika analog dan digital. Elektronika analog merupakan sistem elektronika yang berkaitan dengan sinyal analog atau kontinyu. Begitu juga elektronika digital, merupakan sistem elektronika yang berhubungan dengan sinyal digital atau sinyal berkesinambungan yang dinotasikan dengan bilangan biner 0 1.

Elektronika Analog dan Digital

Ruang lingkup pembelajaran elektronika terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya adalah elektronika dasar, elektronika daya, elektronika analog, elektronika digital, dan elektronika industri. Pada kesempatan kali ini akan kita fokuskan ke elektronika analog dan elektronika digital.

Pengertian Elektronika Analog

Elektronika analog adalah bagian ilmu elektronika yang fokus mempelajari fungsi serta sistem anlog. Dalam elektronika analog, hal-hal  yang dipelajari menyangkut tentang pengolahan atau pemrosesan sinyal sinusoida atau bisa disebut juga sinyal analog atau sinyal kontinyu.

Pengertian Elektronika Digital

Elektronika digital adalah cabang ilmu elektronika yang fokusnya mempelajari tentang pemrosesan sinyal digital atau yang disebut juga sinyal diskrit. Hal-hal yang dipelajari dalam elektronika digital mulai dari gerbang logika dasar sampai dengan sistem pemrosesan sinyal digital (sinyal 0 dan 1).

Banyak pihak menganggap bahwa elektronika analog lebih kuno atau ketinggalan dibandingkan dengan elektronika digital. Suatu pandangan menyebutkan bahwa elektronika digital memiliki kelebihan dibanding dengan elektronika analog. Diantaranya adalah transfer data dalam jumlah yang lebih banyak, serta minim error.

Sekian informasi mengenai elektronika analog dan digital dasar. Semoga informasi tadi dapat memberikan banyak manfaat, khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan baca juga informasi menarik lainnya mengenai rangkaian elektronika digital sederhana.

Leave a reply "Elektronika Analog dan Digital Dasar"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.