Fungsi Komponen Elektronika Dasar

1853 views

fungsi komponen elektronikaFungsi Komponen Elektronika Dasar - Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai jenis-jenis komponen elektronika. Dar artikel tersebut dapat disimpulkan bahwa ada dua jenis komponen elektronika, yakni komponen elektronika aktif dan komponen elektronika pasif. Dua jenis komponen tersebut memiliki perbedaan yang sangat spesifik.

Komponen elektronika aktif adalah komponen yang memiliki peran dalam mengalirkan dan memperkuat aliran listrik dalam sebuah rangkaian elektronika. Sebaliknya, komponen elektronika pasif adalah komponen elektronika yang tidak memiliki peran dalam mengalirkan dan memperkuat aliran listrik dalam sebuah rangkaian elektronika.

Fungsi Komponen Elektronika

Ada banyak sekali macam komponen elektronika aktif maupun pasif. Berikut ini adalah fungsi komponen elekronika dasar, baik aktif maupun pasif yang perlu anda ketahui. Bagi anda yang ingin tahu informasi lengkapnya, silahkan simak baik-baik ulasan fungsi komponen yang ada di bawah ini.

1. Resistor

Resistor merupakan salah satu jenis komponen elektronika pasif. Komponen ini memiliki fungsi sebagai penghambat arus listrik dalam sebuah rangkaian elektronika. Dengan adanya resistor, arus listrik bisa dihambat berdasarkan nilai resistansi yang dimiliki oleh sebuah resistor.

2. Induktor

Induktor merupakan salah satu komponen elektronika pasif. Induktor dapat berfungsi sebagai pengatur frekwensi, filter, serta penyambung atau kopel.

3. Kapasitor

Kapasitor atau kondensator juga merupakan salah satu komponen elektronika pasif. Komponen yang satu ini mempunyai fungsi sebagai penyimpan muatan listrik atau energi untuk sementara waktu.

4. Transistor

Transistor termasuk salah satu komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi sebagai penguat arus, penyetabil tegangan, switch, penyearah, sampai dengan modulasi sinyal.

5. Dioda

Dioda termasuk salah satu komponen elektronika aktif. Komponen ini memiliki fungsi sebagai pengantar arus satu arah dan mengentikan arus ke arah yang lainnya.

6. IC

IC merupakan singkatan dari Integrated Circuit yang memiliki fungsi sangat bermacam-macam. Karena IC ini tersusun dari banyak komponen elektronika dasar. Jadi fungsi IC sendiri tergantung dari jenis komponen yang ada di dalamnya.

7. Saklar

Saklat atau switch merupakan salah satu jenis komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi sebagai penghubung dan pemutus arus listrik.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa anda lihat pada artikel komponen-komponen elektronika dan fungsinya. Semoga informasi mengenai fungsi komponen elejtronika dasar tadi dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Jangan lupa baca informasi menarik lainnya mengenai gambar komponen elektronika lengkap.

Incoming search terms:

  • componen pengatar listrik di cager
  • fungsi dari komponen elektronika di bawah ini
  • gambar macam macam induktor
  • persamaan ic t573j

Leave a reply "Fungsi Komponen Elektronika Dasar"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.