Harga Komponen Drone Terbaru Lengkap dan Murah

4765 views

Harga Komponen Drone Terbaru Lengkap dan Murah – Tentunya anda semua sudah tidak asing dengan yang namanya quad copter atau drone bukan? Ya, drone termasuk salah satu jenis mobile robot atau lebih tepatnya robot terbang yang dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote control.

Saat ini drone menjadi jenis mainan yang sangat diminati oleh kalangan tertentu. Drone juga banyak dimanfaatkan oleh para produsen film maupun fotografer untuk mengambil gambar dari angle yang sulit dijangkau. Tentunya anda pasti sudah sering melihat film atau foto yang ditangkap dari sisi atas bukan?

Ya, tak salah lagi. Foto dan video tersebut diambil dengan menggunakan drone. Seiring perkembangan waktu, jenis drone semakin beragam dengan harga yang variatif. Brandnya pun juga semakin kompleks, mulai dari DJI hingga Xiaomi. Masing-masing jenis dan brand drone punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Harga Komponen Drone Terbaru

Sayangnya harga jual dari drone ini dirasa tak murah bagi beberapa kalangan. Karena itu hanya memberapa golongan saja yang bisa membeli dan menikmati alat yang satu ini. Bagi anda yang punya budget terbatas tak perlu kawatir. Karena anda masih bisa merakit drone sendiri.

Tentunya harga drone rakitan relatif lebih murah ketimbang anda membeli drone branded yang siap pakai seperti merk DJI dan Xiaomi. Meskipun saat ini sudah banyak brand drone asal China yang harganya sangat murah bak kacang goreng, namun hasil dan kualitasnya lebih bagus jika anda merakit sendiri.

Pasalnya drone rakitan bisa kita sesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Jika anda masih awam, berikut akan kami bagikan mengenai komponen apa saja yang diperlukan untuk membuat drone lengkap dengan harga terbarunya. Penasaran? Simak ulasan belajarelektronika.net berikut ini.

1. Frame

Frame atau rangka adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah quad copter alias drone. Frame ini terdiri dari body utama tempat mesin dan komponen utama lainnya, serta empat buah lengan sebagai penyangga propeller alias baling-baling.

Saat ini ada banyak sekali jenis bahan yang digunakan untuk membuat frame atau rangka drone mulai dari plastik, alumunium, kayu, serta logam ringan lainnya. Jika anda membeli di pasaran, harganya sangat beragam mulai dari puluhan ribu hingga jutaan. Buat anda yang minim budget bisa membuatnya sendiri dari bahan-bahan bekas.

Harga : gratis – 1 juta

2. Motor

Komponen drone kedua yang tak kalah penting dibanding rangka adalah motor atau rotor. Seperti yang kita tahu bahwa agar baling-baling drone bisa berputar diperlukan motor sebagai penggeraknya. Dalam satu drone diperlukan empat buah motor atau rotor.

Jenis motor sendiri berbeda-beda tergantung berapa kv yang dimilikinya. Semakin tinggi kv, semakin kencang juga putarannya. Tentunya jika semakin kencang, semakin mahal pula harganya. Kebanyakan drone saat ini menggunakan motor 1.000 kv.

Harga : 300 ribu – 400 ribu (4 motor)

3. ECS

Dalam sebuah drone, kecepatan putaran motor dan baling-baling dikontrol oleh sebuah alat yang bernama ECS. ECS sendiri merupakan singkatan dari Electronic Speed Controls. Putaran motor harus dikontrol menggunakan ECS agar stabil dan bisa dikendalikan. ECS sendiri dihubungkan dengan baterai melalui sebuah socket.

Karena dalam sebuah drone menggunakan empat buah motor, maka diperlukan empat buah ECS yang dipasang di masing-masing motor. Saat ini sudah ada banyak penjual ECS online yang menjual alat tersebut dengan berbagai macam merk, bentuk, dan harga.

Harga : 400 ribu – 500 ribu (4 ECS)

4. Flight Controller

Nah, ini dia salah satu komponen paling penting dalam sebuah drone, yakni Flight Controller. Flight Controller bisa dibilang sebagai mesin utama atau otak dari drone itu sendiri. Dalam sebuah Flight Controller terdapat berbagai macam sensor mulai dari GPS hingga gyro.

Semakin mahal harga Flight Controller, bisa dipastikan semakin lengkap fiturnya. Dalam sebuah Flight Controller biasanya terdapat berbagai macam komponen elektronika yang dijadikan satu dalam sebuah board. Harga dari Flight Controller sangat beragam tergantung merk dan fiturnya.

Harga : 600 ribu – 800 ribu

5. Remote Controller

Selanjutnya komponen yang diperlukan dalam membangun sebuah drone adalah remote control yang terdiri dari radio transmitter (pemancar) dan radio receiver (penerima). Pemilihan remote controller harus disesuaikan dengan komponen flight controller yang anda gunakan.

Jika anda menggunakan Flight Controller jenis Hobby King KK2.0, maka setidaknya anda harus menggunakan remote controller 4 channel. Ada banyak sekali merk remote controller dengan berbagai merk dan channel. Harganya pun juga sangat beragam sesuai dengan fitur.

Harga : 700 ribu – 1,2 juta

6. Baling-baling

Komponen berikutnya adalah baling-baling. Sudah jelas agar bisa terbang, drone memerlukan komponen baling-baling. Jumlah baling-baling yang diperlukan oleh sebuah drone disesuaikan dengan jumlah motor. Pada umumnya dalam sebuah drone memerlukan empat buah baling-baling.

Bahan yang digunakan untuk membuat baling-baling drone bermacam-macam mulai dari plastik hingga karbon. Namun anda harus hati-hati saat memilih baling-baling berbahan logam karena saat berputar kencang bisa berbahaya saat mengenai anggota tubuh.

Harga : 60 ribu – 80 ribu

Baca juga : Cara Membuat Robot Sederhana Bagi Pemula

7. Baterai

Komponen terakhir yang perlu disiapkan dalam merakit sebuah drone adalah baterai. Baterai yang digunakan untuk drone adalah baterai jenis LiPo (lithium polymer). Kapasitas baterai yang ditawarkan sangat bermacam-macam tergantung harganya. Semakin besar kapasitasnya tentu harganya akan semakin mahal.

Jangan lupa saat membeli baterai, anda juga harus membeli chargernya. Karena baterai LiPo setelah dayanya habis bisa diisi ulang menggunakan charger. Harga charger baterai drone juga bermacam-macam tergantung merk dan kualitasnya. Selain itu semakin banyak fitur, semakin mahal pula harganya

Harga : Sekitar 500 ribuan

Daftar beberapa komponen drone yang kami sebutkan tadi adalah komponen dasar. Dengan komponen-komponen tadi drone sudah bisa terbang. Namun ika anda ingin menambahkan komponen atau aksesoris lain seperti lampu, gimbal, dan kamera bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda.

Nah, itulah tadi informasi lengkap mengenai harga komponen drone terbaru lengkap dan murah. Anda bisa menyesuaikan mau menggunakan komponen yang mana sesuai dengan budget dan kebutuhan. Jangan lupa share info ini kepada teman-teman anda yang juga menyukai elektronika dan drone.

Incoming search terms:

  • Komponen mobil remot yg bisa menjadi komponen drone mainan
  • harga komponen drone murah
  • harga bagian drone
  • daftar harga komponen dron
  • cari komponen drone
  • cara membuat baling baling agar bisa terbang
  • buat drone alat yg perlu ada
  • brapah hrga koponen dron yang lengkap
  • berapa harga komponen drone komplit
  • alat yg di perlu membuat drone
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.