Hukum Kirchoff 1 dan 2 Beserta Rumusnya

2350 views

Hukum Kirchoff 1 dan 2 Beserta Rumusnya – Salah satu cara utama untuk belajar elektronika adalah dengan memahami teori-teori yang ada secara benar dan komperhensif. Dalam ilmu elektronika, ada banyak sekali hukum yang berlaku. Salah satunya adalah hukum kirchoff yang dikemukakan oleh seorang ilmuan bernama Gustav Robert Kirchhoff.

Gustav Robert Kirchhoff adalah seorang ilmuan berkebangsaan Jerman yang lahir pada tahun 1824 dan wafat pada tahun 1845. Hukum kirchoff sendiri digunakan untuk mengetahui dan menganalisis nilai arus dan tegangan dalam sebuah rangkaian elektronika. Itulah sebab mengapa para teknisi dan praktisi elektronika harus paham betul mengenai hukum ini.

Ada dua bagian hukum kirchoff yang kita kenal sampai saat ini. Yang pertama adalah hukum kirchoff 1, dan yang kedua adalah hukum kirchoff 2. Tentunya bunyi dan rumus dari hukum kirchoff 1 dan 2 berbeda. Untuk anda yang belum tahu, kali ini belajarelektronika.net akan mengulasnya untuk anda semua.

Hukum Kirchoff 1

Perlu diketahui bahwa hukum kirchoff 1 berkaitan erat dengan arah arus dalam sebuah rangkaian elektronika saat menghadapi titik percabangan. Oleh karena itu hukum kirchoff 1 juga sering disebut dengan hukum arus kirchoff alias Kirchhoff’s Current Law (KCL). Berikut bunyi dari hukum kirchoff 1.

“Arus Total yang masuk melalui titik percabangan dalam suatu rangkaian listrik, nilainya sama dengan arus total yang keluar dari titik percabangan tersebut”. Untuk memperjelas bunyi dari hukum kirchoff 1 tersebut, berikut kami paparkan rangkaian dan rumus sederhana agar lebih mudah untuk dipahami.

Dari rangkaian dan rumus sederhana di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa arus total yang masuk (I1, I2, dan I3) nilainya sama dengan arus total yang keluar (I4, I5, dan I6). Itulah tadi penjelasan detail mengenai bunyi hukum kirchoff 1 beserta rumusnya. Selanjutnya akan dibahas hukum kirchoff 2.

Baca juga : Rumus Induksi Elektromagnetik

Hukum Kirchoff 2

Sedikit Berbeda dibandingkan dengan hukum kirchoff 1 yang berkaitan dengan arus, hukum kirchoff 2 lebih cenderung membahas beda potensial alias tegangan komponen-komponen dalam sebuah rangkaian elektronika tertutup. Hukum kirchoff 2 juga dikenal dengan nama hukum tegangan kirchoff alias Kirchhoff’s Voltage Law (KVL).

Hukum kirchoff 2 alias Kirchhoff’s Voltage Law (KVL) berbunyi “Total Tegangan (beda potensial) pada suatu rangkaian tertutup adalah nol”. Untuk lebih memahami bagaimana hukum kirchoff 2 tersebut berlaku, berikut akan kami berikan rangkaian sederhana dan juga rumusnya.

Semoga informasi mengenai pengertian dan bunyi hukum kirchoff 1 dan 2 beserta rumusnya tersebut dapat bermanfat bagi kita semuanya, khusus para pembaca. Jika info ini dirasa bermanfaat, kami akan sangat senang jika anda mau membaginya ke teman atau kerabat anda melalui sosial media. Sampai jumpa lagi di info seputar elektronika yang tak kalah menarik berikutnya.

Incoming search terms:

  • apa beda kirchof 1 dan 2
  • belajar elektronika net kirchoff
  • gambar perakitan power basoke
  • hukum kirchoff berikan rumusnya
  • rangkaian hukum kirchoff 1 dan 2
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.