IC 78xx dan 79xx Voltage Regulator (Fungsi dan Perbedaannya)

423 views

IC 78xx dan 79xx Voltage Regulator (Fungsi dan Perbedaannya) – Saat ini ada bermacam-macam jenis IC regulator tegangan atau voltage regulator. Seri yang paling populer adalah 78xx dan 79xx, mulai dari 7805, 7809, 7905, 7909, dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing-masing IC tersebut punya fungsi tersendiri.

Bagi anda para teknisi elektronika pemula yang masih belum paham tentang apa itu IC regulator, bisa dibaca langsung artikel dari belajarelektronika.net mengenai pengertian dan fungsi IC regulator. Setelah paham, mari kita lanjutkan ulasan mengenai fungsi dari IC regulator seri 78xx dan 79xx.

Pada dasarnya IC regulator berfungsi untuk mengubah nilai tegangan tertentu. Besarnya tegangan yang diubah tergantung jenis IC yang digunakan. Misal IC 7805 dapat digunakan untuk mengubah tegangan menjadi +5 volt. Sedangkan IC 7909 digunakan untuk mengubah tegangan menjadi -5 volt.

IC 78xx dan 79xx Voltage Regulator

IC regulator ini jenisnya sangat bermacam-macam. Masing-masing jenis IC punya kemampuan mengubah tegangan ke nilai tertentu. Ada yang sifatnya fixed regulator alias tetap, atau ada juga yang adjustment regulator artinya bisa diubah ke range tertentu. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak data IC regulator berikut ini.

Itulah tadi beberapa data penting terkait fungsi dan perbedaan IC regulator 78xx dan 79xx. Namun diantara banyaknya jenis IC tersebut, ada 4 jenis yang paling populer dan digunakan oleh banyak orang. IC yang dimaksud tak lain adalah 7805, 7809, 7905, dan juga 7909. Berikut penjelasan mengenai ke empat IC tersebut.

  • IC 7805 berfungsi untuk menstabilakn tegangan DC +5 Volt
  • IC 7809 berfungsi untuk menstabilakn tegangan DC +9 Volt
  • IC 7905 berfungsi untuk menstabilakn tegangan DC -5 Volt
  • IC 7909 berfungsi untuk menstabilakn tegangan DC -9 Volt

Jika anda ingin tahu info detail mengenai masing-masing IC tersebut, bisa langsung cari info datasheetnya. Misal anda ingin cari info detail mengenai IC 7805. Silahkan ketikkan kata kunci “datasheet IC 7805” di kolom pencarian Google. Secara otomatis info datasheet lengkap mengenai IC tersebut akan muncul.

Baca juga : Rangkaian Power Supply dengan Switching

Sekedar info saja bahwa IC jenis regulator voltage kerap digunakan pada rangkaian power supply. Berikut kami bagikan contoh skema rangkaian power supply sederhana yang menggunakan IC voltage regulator 7815. Rangkaian power supply tersebut mampu menghasilkan tegangan output sebesar 15 volt DC, dari yang awalnya 220 volt AC.

Bagaimana, cukup jelas bukan? Nah, itulah tadi ulasan singkat mengenai fungsi dan perbedaan IC 78xx dan 79xx voltage regulator. Semoga informasi tadi bisa memberikan manfaat bagi pembaca semua, terutama para teknisi elektronika pemula yang masih bingung dengan yang namanya IC regulator.

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.