Jenis Jenis Kabel Listrik

3261 views

jenis jenis kabel listrikJenis Jenis Kabel Listrik - Berbicara soal elektronika dan kelistrikan, pastinya kita tak akan pernah lepas dari yang namanya kabel listrik. Ya, karena kabel listrik digunakan sebagai media untuk menyalurkan energi listrik. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa kabel listrik terdiri dari bahan konduktor dan isolator.

Bahan konduktor adalah bahan yang dapat menghantarkan energi listrik, yang biasanya terbuat dari tembaga. Bagian ini terdapat di dalam kabel dan terbungkus bahan isolator. Bahan isolator adalah bahan yang tidak dapat digunakan untuk menghantarkan energi listrik. Bahan ini terletak di luar sebagai pembungkus konduktor.

Berdasarkan tegangannya, kabel listrik terbagi atas tiga kategori. Kategori pertama adalah kabel listrik dengan tegangan rendah. Kategori kedua adalah kabel listrik dengan tegangan menengah, dan kategori ketiga adalah kabel listrik dengan tegangan tinggi. Perbedaannya terdapat pada besarnya energi yang mengalir dalam kabel tersebut dan bahan penyusu kabel tersebut.

Jenis Kabel Listrik

Selain itu jika dilihat dari bentuk konduktornya, kita juga mengenal kabel serabut dan tunggang. Perbedaan dari kedua kabel tersebut terletak pada bentuk konduktor. Tak hanya itu saja, kita juga mengenal jenis-jenis kabel lain seperti kabel NYA, NYM, dan NYY. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai tiga jenis kabel tersebut.

Jenis Kabel NYA

jenis kabel nya

Kabel NYA adalah jenis kabel listrik yang memiliki inti tunggal dengan isolasi berbahan PVC sebanyak satu lapis. Pada umumnya, warna isolasi pada kabel ini adalah merah, biru, kuning, dan juga hitam. Kabel jenis ini banyak digunakan untuk instalasi rumah serta tenaga bersistem instalasi udara.

Kabel NYA yang digunakan untuk instalasi rumah memiliki ukuran 1,5 mm2 atau 2,5 mm2. Kekurangan dari kabel jenis NYA ini diantaranya adalah tidak tahan air, mudah terkelupas, serta tidak tahan terhadap gigitan tikus. Sedangkan kelebihannya adalah harganya yang cukup terjangkau.

Jenis Kabel NYM

jenis kabel nym

Kabel NYM adalah jenis kabel listrik yang mempunyai inti lebih dari satu (2/3/4 inti). Kabel ini memiliki lapisan isolasi berbagan PVC dengan warna abu-abu atau putih. Selain itu kabel ini juga memiliki lapisan isolasi di tiap-tiap intinya dengan warna yang berbeda-beda.

Kabel NYM biasanya digunakan pada instalasi rumah ataupun gedung. Kelebihan dari kabel ini dapat digunakan di lingkungan yang kering ataupun basah, namun tidak di dalam tanah. Kelebihan dari kabel NYM ini memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibanding dengan NYA. Sedangan kekurangannya adalah harganya yang lebih mahal dari kabel NYA.

Jenis Kabel NYY

jenis kabel nyy

Kabel NYY adalah kabel listrik yang secara umum hampir sama dengan kabel NYM. Hanya saja kabel NYY memiliki lapisan isolasi yang lebih baik dan lebih kuat dibanding kabel NYM. Kabel jenis ini dapat ditanam di dalam tanah. Kelebihannya adalah tahan kondisi, tidak disukai tikus. Sayangnya kabel jenis NYY harganya mahal dan jarang digunakan untuk instalasi rumah.

Demikian sedikit informasi mengenai jenis jenis kabel listrik. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca setia belajarelektronika.net semuanya. Sampai jumpa di ulasan menarik yang akan datang, dan bagikan artikel ini kepada teman-teman anda apabila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • jenis jenis kabel dilihat dari bentuk intinya
  • jenis jenis kabel listrik beserta gambarnya
  • jenis kabel listrik pdf
  • tiga jenis kabel beserta gambar dan kelebihannya
  • kabel listrik yang intinya terbuat dari tembaga
  • jenis jenis kabel listrik pdf
  • jenis jenis kabel instalasi listrik sebanyak banyaknya
  • jenis kabel listrik tegangan rendah
  • jenis kabel listrik untuk instalasi rumah pdf
  • jenis Kabel Mobil pdf

Leave a reply "Jenis Jenis Kabel Listrik"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.