Jenis Jenis Komponen Elektronika Beserta Fungsinya

5552 views

jenis jenis komponen elektronikaJenis Jenis Komponen Elektronika Beserta Fungsinya - Masih seputar komponen elektronika, pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi mengenai jenis komponen elektronika beserta fungsinya. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa komponen elektronika terbagi atas dua jenis.

Jenis yang pertama adalah komponen elektronika pasif, dan jenis yang kedua adalah komponen elektronika aktif. Komponen elektronika pasif merupakan jenis komponen elektronika yang dalam penggunaannya tidak memerlukan tegangan atau arus listrik. Sebaliknya, komponen elektronika aktif merupakan jenis komponen elektronika yang dalam penggunaannya memerlukan tegangan atau arus listrik.

Jenis Jenis Komponen Elektronika

Kedua jenis komponen tersebut masih terbagi atas beberapa jenis komponen lainnya. Jika anda sebelumnya telah membaca artikel mengenai komponen elektronika dasar, pastinya anda akan lebih mudah memahami jenis komponen elektronika beserta dengan fungsinya. Oke, buat anda yang ingin tahu informasi lengkapnya bisa simak ulasan berikut ini.

KOMPONEN ELEKTRONIKA PASIF

1. Resitor

resistor

Resistor adalah komponen elektronika pasif yang berfungsi sebagai penghambat arus listrik dalam sebuah rangkaian elektronika. Satuan nilai resistor adalah Ohm (Ω). Ada banyak sekali macam-macam resistor tergantung nilai resistensi yang dimilikinya seperti resistor tetap dan resistor variabel.

2. Induktor

induktor

Induktor adalah komponen memiliki fungsi sebagai filter, pengatur frekwensi, sampai dengan penyambung atau kopel. Satuan komponen yang satu ini adalah Henry (H). Anda dapat dengan menemukan komponen induktor pada beberapa jenis rangkaian seperti televisi dan radio.

3. Kapasitor

kapasitor

Kapasitor adalah komponen elektronika yang memiliki fungsi sebagai alat penyimpan energi atau atau muatan listrik sementara. Nilai satuan dari kapasitor adalah Farad (F). Kapasitor terbagi atas beberapa jenis mulai dari kapasitor yang memiliki polar, tidak berpolar, dan variabel.

 

KOMPONEN ELEKTRONIKA AKTIF

1. Dioda

dioda

Dioda adalah komponen elektronika yang memiliki fungsi sebagai pengantar arus satu arah, dan menghentikan arus yang menuju arah lainnya. Komponen dioda pada umumnya memiliki dua kaki, yakni kaki anoda dan kaki katoda.

2. Transistor

transistor

Transistor adalah komponen yang berfungsi sebagai penguat arus, switch, penyetabil tegangan, penyearah, sampai dengan modulasi sinyal. Pada umumnya, komponen transistor memiliki 3 kaki, yakni kaki basis (B), emitor (E), dan kolektor (K).

3. Saklar

saklar

Saklar atau switch adalah komponen elekronika yang berfungsi sebagai penghubung dan pemutus arus listrik. Saklar juga bisa disebut sebagai tombol ON/OFF yang banyak dijumpai di rumah-rumah.

Sekian informasi mengenai jenis jenis komponen elektronika beserta fungsinya. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Bagikan artikel ini kepada teman-teman anda melalui sosial media, dan baca juga artikel menarik lainnya seputar komponen elektronika aktif.

Incoming search terms:

  • komponen elektronik dan fungsinya
  • fungsi komponen elektro
  • alat alat elektronika beserta fungsinya
  • Jenis jenis komponen elektronik
  • 20 komponen elektronika dan fungsinya
  • komponen
  • macam macam alat elektronik beserta fungsinya
  • Jenis komponen elektronik
  • nama nama komponen elektronik dan gambarnya
  • macam komponen elektronika

Leave a reply "Jenis Jenis Komponen Elektronika Beserta Fungsinya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.