Jenis Jenis Lampu LED Lengkap dan Harganya

2702 views

Jenis Jenis Lampu LED Lengkap dan Harganya – LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode adalah sebuah komponen elektronika yang memiliki kemampuan dapat memancarkan cahaya monokromatik melalui tegangan maju. Komponen yang satu ini masuk dalam keluarga dioda karena menggunakan bahan semi konduktor.

Seiring perkembangan waktu, komponen LED memiliki banyak sekali jenis mulai dari bentuk, warna, sampai dengan fungsinya. Saat ini LED banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari untuk lampu rumah, lampu motor atau mobil, flashlight HP, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Agar anda tidak kebingungan saat hendak mencari atau membeli LED di pasaran, berikut akan kami berikan informasi mengenai beberapa jenis lampu LED yang ada di pasaran lengkap dengan harga terbarunya. Jika anda penasaran, langsung saja simak ulasan yang belajarelektronika.net bagikan kali ini.

Jenis Jenis Lampu LED

Oh iya, sebelum masuk ke info utama mengenai jenis-jenis LED, anda juga harus tahu bahwa prinsip kerja LED sangat sederhana yakni hanya dengan mengubah energi listrik menjadi cahaya. Seperti yang kita tahu bahwa warna cahaya yang dihasilkan oleh LED berbeda-beda. Tentunya konsumsi listriknya juga beda-beda. Berikuut jenis LED berdasarkan warna dan konsumsi listriknya.

  • LED warna Merah : 1,8 volt
  • LED warna Jingga : 2 volt
  • LED warna Kuning : 2,2 volt
  • LED warna Hijau : 3,5 volt
  • LED warna Biru : 3,6 volt
  • LED warna Putih : 4 volt
  • LED warna Infra Merah : 1,2 volt

Nah, itulah tadi beberapa jenis LED berdasarkan warna nyalanya serta tegangan yang dibutuhkan. Sedangkan untuk arus listrik yang dibutuhkan oleh semua jenis LED tadi kurang lebih sekitar 20 mA. Oke, langsung saja berikut info utama mengenai jenis-jenis LED yang ada di pasaran lengkap dengan harganya.

Baca juga : Jenis-jenis Baterai yang Ada Saat Ini

1. Miniature LED

Jenis lampu LED yang pertama adalah miniature LED. Jenis LED yang satu ini biasanya digunakan sebagai indikator ataupun hiasan saja. Ukurannya sangat kecil dan tersedia dalam beberapa jenis warna. Miniature LED termasuk salah satu jenis lampu LED yang dijual dengan harga paling murah.

Harga Miniature LED : mulai dari Rp. 150,- per biji

2. Super Flux LED

Selanjutnya ada super flux LED. Super flux LED merupakan salah satu jenis LED yang memiliki konsumsi listrik tinggi. Tak heran memang karena LED jenis ini punya dua kutub positif dan juga dua kutub negatif. Super flux LED banyak digunakan untuk penerangan lampu di papan iklan yang ada di pinggir-pinggir jalan.

Harga Super Flux LED : mulai dari Rp. 850,- per biji

3. Bicolor LED

Seperti namanya, bicolor LED merupakan salah satu jenis LED yang dapat mengeluarkan cahaya lebih dari satu warna. Jenis lampu LED yang satu ini dapat mengeluarkan cahaya dalam berbagai macam warna secara bergantian. Bicolor LED banyak diaplikasikan pada mainan anak-anak.

Harga Bicolor LED : mulai dari Rp. 4.000,- per biji

4. SMD LED

SMD adalah singkatan dari surface mount device yang merupakan salah satu jenis lampu LED yang memiliki ukuran sangat kecil. Jenis LED yang satu ini banyak digunakan untuk berbagai macam peralatan rumah tangga mulai dari senter, lampu ruangan, lampu hias, sampai dengan lampu emergency.

Harga SMD LED : mulai dari Rp. 3.000,- per biji

5. COB LED

COB adalah singkatan dari chip on board yang merupakan jenis lampu LED yang dapat menyala lebih terang dan merata karena memiliki banyak sekali chip dalam satu papan. Sebenarnya jenis lampu LED COB ini merupakan pengembangan dari lampu LED jenis SMD. Jadi kualitasnya berada setingkat di atas SMD LED.

Harga COB LED :  mulai dari Rp. 20.000,- per biji

6. High Power LED

Jenis lampu LED yang terakhir adalah high power LED. Lampu LED yang satu ini memiliki kemampuan dapat memunculkan cahaya dengan intensitas yang lebih tinggi atau terang. Akan tetapi jenis LED yang satu ini juga lebih mudah panas jika dibandingkan dengan lampu LED jenis lain.

Harga High Power LED :  mulai dari Rp. 2.000,- per biji

Semoga informasi singkat mengenai jenis-jenis LED lengkap dengan harganya tadi bermanfaat bagi para pemaca semua di manapun anda berada. Jika anda ingin mendapatkan update informasi seputar dunia elektronika yang tak kalah keren lainnya, silahkan pantau terus situs belajarelektronika.net. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • macam macam lampu hias dan harganya
  • jenis komponen led
  • jenis2 lampu led
  • macam macam led
  • rangkai led beda warna
  • jenis jenis lampu untuk elektronik
  • HARGA LAMPU LED KOMPONEN ELEKTRONIKA
  • jenis led dan ukurannya
  • jenis led yang ada dipasaran
  • jenis lighting led
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.