Jenis Jenis Speaker Berdasarkan Fungsi dan Frekwensinya

3091 views

Jenis Jenis Speaker Berdasarkan Fungsi dan Frekwensinya – Tentunya anda semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya speaker aktif bukan? Atau pasti anda juga sering mendengar istilah sound system bukan? Nah, dalam sebuah speaker aktif dan perangkat sound system, tentu terdapat satu atau beberapa buah speaker pasif.

Dalam box speaker aktif dan sound system tersebut biasanya speaker pasif terintergrasi dengan power amplifier dan beberapa blok rangkaian yang lain. Dengan menggunakan sound system atau speaker, kita bisa menghasilkan suara dengan lebih keras dan enak didengar, baik di dalam maupun luar ruangan.

Pada umumnya sebuah speaker pasif memiliki bentuk seperti corong. Namun apakah semua speaker punya bentuk demikian? Nah, buat anda yang ingin tahu jawabannya, berikut kami bagikan informasi mengenai jenis jenis speaker atau macam macam speaker beradasarkan frekwesi dan juga fungsinya.

Macam Macam Speaker

Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa setidaknya ada beberapa jenis speaker mulai dari speaker sub woofer, speaker woofer, speaker midrange, speaker tweeter, sampai dengan speaker full range. Untuk anda yang ingin tahu apa bedanya, tidak perlu basa-basi lagi, langsung saja simak ulasan berikut.

1. Speaker Sub Woofer

Yang pertama ada speaker jenis sub woofer. Spaker yang satu ini dapat menghasilkan suara di frekwensi 20 sampai dengan 200 Hz sehingga kita bisa mendengarkan suara yang bernada sangat rendah atau ngebass. Spaker jenis sub woofer ini biasanya dipasang pada spaker aktif komputer, sound system mobil, dll. Selain itu speaker jenis ini memiliki getaran yang sangat tinggi.

2. Speaker Woofer

Selanjutnya ada jenis speaker woofer. Speaker jenis ini mampu mengeluarkan suara di frekwensi 40 sampai dengan 1.000 Hz, sehingga suara yang dihasilkan cukup ngebass. Speaker jenis ini sering kita jumpai di speaker aktif atau sound system ruangan. Selain itu pilihan ukurannya juga sangat beragam mulai dari 4 inci, 6 inci, 8 inci, 10 inci, 12 inci, dan seterusnya.

Baca juga : Cara Merakit Speaker Aktif Sederhana

3. Speaker Midrange

Di posisi ketiga ada speaker jenis midrange. Speaker yang satu ini memiliki kemampuan mengeluarkan suara dengan sangat jelas. Pada prakteknya, speaker yang mengeluarkan suara di frekwensi 500 sampai 5.000 Hz ini banyak digunakan untuk mengeluarkan suara vokal. Anda bisa menjumpai speaker jenis ini pada speaker aktif 3 way.

4. Spaker Tweeter

Jenis speaker tweeter memiliki kemampuan dapat menghasilkan suara dengan frekwensi tinggi di angka 5.000 sampai dengan 20.000 Hz. Tak heran jika karakteristik suaranya melengking. Jenis speaker ini sangata cocok untuk memutar musik dengan nada tinggi seperti melodi gitar, angklung, atau bahkan kaca pecah. Pasti suaranya akan terdengar sangat jelas.

5. Speaker Full Range

Yang terakhir ada speaker jenis full range. Speaker yang satu ini istimewa karena memiliki kemampuan dapat menghasilkan suara rendah, sedang, dan juga tinggi. Speaker jenis ini banyak digunakan pada set sound system luar ruangan karena dapat menghasilkan suara yang jelas dengan jarak yang jauh.

Nah, itulah tadi informasi mengenai beberapa jenis jenis speaker berdasarkan fungsi dan frekwensinya. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca belajarelektronika.net semuanya. Jangan lupa like fanspage Facebook kami untuk mendapatkan informasi dengan lebih cepat. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • jenis sipiker dalam ruangan
  • jenis speaker berdasarkan suara yang dihasilkan
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.