Jenis Komponen Elektronika Aktif dan Pasif

3336 views

jenis komponen elektronika

Jenis Komponen Elektronika Aktif dan Pasif – Pastinya anda semua sudah tahu bahwa komponen elektronika terbagi menjadi dua jenis, yakni komponen elektronika aktif dan komponen elektronika pasif. Kedua komponen tersebut sama-sama pentingnya jika dikaitkan dengan rangkaian elektronika.

Dalam sebuah rangkaian elektronika biasanya dijumpai berbagai jenis komponen, baik yang termasuk komponen elektronika aktif maupun komponen elektronika pasif. Buat anda yang belum tahu apa itu komponen elektronika aktif dan komponen elektronika pasif, akan kami jelaskan secara singkat.

Jenis Komponen Elektronika

Komponen elektronika aktif adalah komponen elektronika yang membutuhkan arus listrik atau tegangan dalam penggunaannya. Sebaiknya, komponen elektronika pasif adalah komponen yang tidak membutuhkan arus atau tegangan listrik dalam penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa jenis komponen elektronika, baik yang aktif maupun yang pasif.

Komponen elektronika Aktif

a. Dioda

Dioda merupakan salah satu jenis komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi sebagai penyearah arus listrik. Komponen ini banyak sekali macamnya seperti LED, photo dioda, sampai dengan LDR.

b. Transistor

Transistor adalah salah satu jenis komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah rangkaian elektronika. Komponen ini memiliki fungsi sebagai penguat sampai dengan switch atau saklar.

c. SCR

SCR atau Silicon Control Rectifier, merupakan salah satu jenis komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi mengatur motor DC, dalam hal tegangannya.

 

Komponen elektronika Pasif

a. Kapasitor

Kapasitor atau kondensator merupakan salah satu jenis komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi sebagai penyimpan energi listrik untuk sementara waktu.

b. Resistor

Resistor merupakan salah satu jenis komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi sebagai hambatan arus listrik dalam sebuah rangkaian elektronika.

c. Induktor

Induktor merupakan salah satu jenis komponen elektronika yang sangat erat hubungannya dengan rangkaian elektronika yang berhubungan dengan frekwensi seperti rangkaian televisi dan radio.

Sekian informasi singkat mengenai jenis komponen elektronika aktif dan pasif. Semoga informasi tadi dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembaca. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda, dan baca artikel menarik lainnya mengenai penjelasan komponen elektronika aktif dan pasif.

Incoming search terms:

  • jenis jenis komponen aktif
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.