Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Listrik Campuran

4484 views

Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Listrik Campuran – Seperti yang telah kita ketahui, selain rangkaian seri dan paralel, ada satu jenis rangkaian listrik lain yang perlu anda ketahui. Ya, rangkaian tersebut tak lain adalah rangkaian listrik campuran. Sebenarnya rangkaian listrik campuran adalah kombinasi antara rangkain seri dan juga paralel.

Karena itu rangkaian ini juga punya kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh rangkaian seri dan paralel. Banyak teknisi listrik dan elektronika mengaplikasi rangkaian campuran untuk berbagai macam kebutuhan. Salah satunya adalah untuk instalasi listrik rumahan.

Nah, pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh rangkaian listrik campuran. Jika anda penasaran, bisa langsung simak baik-baik info yang akan kami share berikut ini.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Paralel

Kelebihan Rangkaian Campuran

Rangkaian listrik campuran memiliki beberapa kelebihan yang juga dipunyai oleh rangkaian seri dan rangkaian campuran. Selain itu rangkaian listrik campuran punya variasi yang lebih banyak sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti instalasi listrik rumahan dan lain sebagainya.

Karena rangkaian campuran disusun dari rangkaian paralel, maka beban satu tidak mempengaruhi beban yang lainnya. Misal ketika lampu rumah satu mati, yang lain tidak ikut mati. Kecuali jika memang beban tersebut dipasang secara seri, maka jika beban satu mati, yang lain juga ikut mati.

Kekurangan Rangkaian Campuran

Lantas apa saja kekurangan yang dimiliki oleh rangkaian campuran? Karena disusun dari rangkaian seri dan paralel, tentu rangkaian campuran memerlukan kabel yang lebih banyak. Tentu saja biaya atau ongkos yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rangkaian campuran lebih banyak. Selain itu jika anda menggunakan power berupa baterai, tentunya dayanya akan lebih cepat habis.

Nah, itulah tadi informasi singkat yang bisa kami sampaikan mengenai kelebihan dan kekurangan rangkaian campuran. Jika anda memiliki tambahan info yang lain, jangan ragu untuk memberikan komentar di kolom yang tersedia. Share jika info ini memang dirasa bermanfaat bagi banyak orang. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • kelebihan dan kekurangan rangkaian campuran
  • rangkaian listrik campuran
  • rangkaian campuran
  • kelebihan dan kekurangan rangkaian seri paralel dan campuran
  • kelebihan dan kekurangan seri paralel
  • rangkaian liatrik
  • rangkai
  • rangkaian kombinasi listrik
  • kelebihan rangkaian campuran
  • kelebiha rangkaian listrik gabungan
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.