Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Listrik Paralel

1688 views

Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Listrik Paralel – Sampai saat ini kita mengenal tiga jenis atau tiga macam rangkaian listrik. Yang pertama adalah rangkaian listrik seri. Yang kedua adalah rangkaian listrik paralel. Dan yang ketiga adalah rangkaian listrik campuran.

Maksud dari rangkaian listrik campuran adalah gabungan antara rangkaian listrik seri dan paralel. Namun pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net tak akan membahas mengenai rangkaian listrik campuran, melainkan rangkaian listrik paralel. Buat anda yang belum tahu, rangkaian listrik paralel adalah rangkaian listrik yang disusun secara berderet.

Jika dibandingkan dengan rangkaian seri, rangkaian ini punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Konsep dasar rangkaian rangkaian paralel adalah, tegangan yang melewati tiap komponen adalah sama. Selain itu pada rangkaian paralel, total arus adalah jumlahan arus yang melewati setiap komponen.

Kelebihan Rangkaian Listrik Paralel

Sama seperti halnya rangkaian seri, rangkaian paralel juga memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan-kelebihan tersebut menjadikan banyak para teknisi elektronika dan listrik memilih menggunakannya untuk kondisi atau keperluan tertentu. Berikut ulasan lengkap mengenai kelebihan rangkaian paralel.

Mati Satu, yang Lain Tetap Menyala

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh rangkaian listrik paralel adalah jika salah satu komponen (lampu) mati, maka komponen (lampu) yang lain tidak ikut mati. Hal ini sangat cocok untuk instalasi listrik di sebuah daerah. Karena jika ada salah satu alat di sebuah lokasi rusak, maka lokasi yang lain tidak ikut padam.

Pembagian Listrik Merata

Karena komponen dalam rangkaian paralel disusun secara berderet, maka energi listrik yang diterima oleh masing-masing sama. Misal ada tiga buah lampu dalam rangkaian. Maka nyala lampu pertama, kedua, dan ketiga sama terangnya. Tidak ada lampu yang lebih terang atau lebih redup.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Listrik Seri

Kekurangan Rangkaian Listrik Paralel

Setelah tahu beberapa kelebihan rangkaian listrik paralel, anda juga harus tahu beberapa kekurangan yang dimiliki oleh rangkaian listrik paralel. Tujuannya adalah agar bisa memilih dan menentukan rangkaian listrik mana yang cocok dengan kebutuhan anda.

Biaya Pembuatan Lebih Mahal

Karena menggunakan lebih dari satu garis edar, maka rangkaian listrik paralel memerlukan kabel dan saklar yang lebih banyak. Secara otomatis jika komponen yang dibutuhkan banyak, biaya atau harga yang diperlukan juga lebih mahal dibandingkan dengan rangakaian seri.

Nah, itulah tadi ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan rangkaian listrik paralel. Semoga dengan adanya informasi ini, anda bisa menentukan kira-kira rangkaian listrik mana yang cocok dan sesuai kebutuhan. Jangan lupa share jika info ini dirasa bermanfaat.

Incoming search terms:

  • kelebihan dan kekurangan rangkaian paralel
  • kelebihan rangkaian paralel
  • kelebihan dan kekurangan rangkaian listrik paralel
  • keuntungan rangkaian paralel
  • kekurangan rangkaian paralel
  • kekurangan dan kelebihan rangkaian paralel
  • kelebihan dan kelemahan rangkaian paralel
  • kekurangan rangkaian listrik pararel
  • kelebihan dan kekurangan listrik paralel
  • kekurangan dan kelebihan rangkaian listrik paralel

Tinggalkan pesan "Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Listrik Paralel"

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.
    No related post!