Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Listrik Seri

3406 views

Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Listrik Seri – Sebagian dari anda para teknisi elektronika tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya rangkaian listrik. Sampai saat ini kita mengenal ada beberapa jenis rangkaian listrik mulai dari rangkaian seri, paralel, dan juga campuran.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa masing-masing rangkaian listrik baik seri, paralel, maupun campuran memiliki ciri khas, kelebihan, serta kekurangan masing-masing. Selain itu masing-masing rangkaian listrik tersebut juga digunakan untuk kebutuhan yang berbeda-beda.

Dan pada kesempatan yang sangat bagus ini, belajarelektronika.net akan mencoba berbagi sedikit infomasi mengenai salah satu dari ketiga rangkaian tersebut, yakni rangkaian seri. Bagi anda yang belum tahu, rangkaian listrik seri adalah rangkaian listrik yang disusun secara sejajar.

Kelebihan Rangkaian Listrik Seri

Komponen yang tersusun dalam sebuah rangkaian seri akan terhubung melalui satu jalur. Hal tersebut mengakibatkan aliran arus listrik mengalir ke semua komponen yang ada. Nah, berikut beberapa kelebihan rangkaian listrik seri yang perlu anda ketahui.

1. Lebih Hemat Biaya Pembuatannya

Kelebihan utama yang dimiliki oleh rangkaian listrik seri dibanding rangkaian listrik paralel adalah lebih hemat biaya. Untuk membangun rangkaian listrik seri tidak perlu kabel sebanyak membuat rangkaian listrik paralel. Hal tersebut tentunya akan membuat biaya membangun sebuah rangkaian jauh lebih hemat.

2. Lebih Mudah Dibuat dan Stabil

Selain lebih hemat biaya, rangkaian listrik seri juga lebih mudah dibuat. Untuk membangun sebuah rangkaian listrik seri hanya perlu menyusun komponen secara berurutan. Karena karakteristiknya yang sangat simpel, rangkaian seri punya kestabilan yang tinggi dalam menghantarkan arus listrik.

Baca juga : Perbedaan Rangkaian Seri dan Paralel

Kekurangan Rangkaian Listrik Seri

Selain memiliki beberapa kelebihan, ternyata rangkaian listrik seri juga memiliki beberapa kekurangan. Karena karakteristiknya yang lebih sederhana tentu menjadikan rangkaian seri punya beberapa kelemahan yang tak dimiliki oleh rangkaian paralel. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki rangkaian seri.

1. Mati Satu, yang Lain Ikut Mati

Salah satu kelemahan fatal yang dimiliki oleh rangkaian seri adalah, jika salah satu komponen (misal lampu) dilepas atau diputus, maka semua lampu atau seluruh rangkaian akan mati. Karena rangkaian listrik seri berada dalam satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

2. Pembagian Listrik yang Tidak Merata

Kelemahan lain yang dimiliki oleh rangkaian seri adalah pembagian listrik yang tidak merata. Hal tersebut menyebabkan nyala lampu yang berada dalam sebuah rangkaian seri menjadi berbeda. Ada yang menyala sangat terang, dan ada pula yang redup. Semakin jauh letak lampu dari sumber listrik, semakin redup pula nyalanya.

Itulah tadi beberapa kelebihan dan kelemahan rangkaian listrik seri yang patut anda ketahui. Sebelum mulai menentukan hendak membuat rangkaian yang mana, ketahui dulu apa kelebihan dan kelemahannya agar hasil yang anda harapkan sesuai keinginana. Sampai jumpa di info menarik berikutnya.

Incoming search terms:

  • Kelebihan dan kekurangan rangkaian seri
  • kelebihan rangkaian seri dan paralel
  • kelebihan rangkaian seri
  • kelemahan rangkaian seri
  • keuntungan rangkaian seri
  • kelebihan dan kekurangan listrik seri
  • kekurangan dan kelebihan rangkaian seri
  • sebutkan kelebihan rangkai listrik seri
  • kelemahan dan kelebihan rangkaian listrik seri dan pararel
  • kelebuhan dan kekuranagan rangk seri dan par
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.