Komponen Aktif dan Pasif Elektronika Daya

2061 views

komponen aktif dan pasif elektronikaKomponen Aktif dan Pasif Elektronika Daya - Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai simbol komponen elektronika beserta fungsinya. Dan pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda melihat sedikit informasi mengenai komponen elektronika daya.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa elektronika daya merupakan cabang elektronika yang erat kaitannya dengan pengaturan serta pengolahan daya listrik yang dilakukan secara elektronis. Pengolahan atau pemrosesan di sini dapat diartikan sebagai perubahan suatu daya listrik dari bentuk satu ke bentuk yang lain.

Komponen Aktif dan Pasif Elektronika Daya

Jika dikaitkan dengan komponen elektronika, ada beberapa jenis komponen elektronika dasar, baik yang aktif maupun pasif, yang masuk ke dalam jajaran komponen elektronika daya. Berikut ini adalah beberapa komponen elektronika aktif maupun pasif yang termasuk komponen elektronika daya.

1. Dioda

Dioda merupakan salah satu jenis komponen elektronika aktif yang juga termasuk komponen elektronika daya. Komponen yang satu ini memiliki banyak sekali jenis, dan berfungsi sebagai penyearah arus listrik dalam sebuah rangkaian elektronika. LED yang dapat memancarkan cahaya juga termasuk salah satu jenis dioda.

2. Transistor

Transistor juga termasuk salah satu jenis komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi yang cukup banyak. Komponen ini selain memiliki fungsi sebagai switch, juga bisa berfungsi sebagai penguat. Komponen ini juga dapat mengubah daya listrik dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Itulah mengapa transistor juga termasuk salah satu komponen elektronika daya.

3. Thyristor

Thyristor adalah komponen elektronika yang terbuat dari bahan semikonduktor. Komponen yang satu ini memiliki fungsi utama sebagai switch atau saklar. Thyristor sendiri terbagi atas tiga jenis yakni SCR, DIAC, dan TRIAC. Komponen ini masuk ke dalam salah satu jenis komponen elektronika daya.

4. IGBT

IGBT atau singkatan dari Insulated Gate Bipolar Transistor merupakan salah satu komponen elektronika daya yang merupakan gabungan dari BJT dan MOSFET. Komponen ini juga biasa disebut dengan Transistor Dwi Kutub. IGBT berfungsi sebagai sklar dalam suatu aplikasi daya.

Sekian informasi mengenai komponen aktif dan pasif elektronika daya. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat. Bagikan artikel ini kepada teman-teman anda yang ingin mendalami dunia elektronika. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya seputar nama komponen elektronika. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • belajar elektronika net komponen aktif dan pasif

Leave a reply "Komponen Aktif dan Pasif Elektronika Daya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.