Komponen Aktif Elektronika dan Fungsinya

2794 views

komponen aktif elektronikaKomponen Aktif Elektronika dan Fungsinya - Dalam dunia elektronika kita mengenal yang namanya komponen elektronika aktif dan komponen elektronika pasif. Pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi mengenai apa itu komponen elektronika aktif, macam-macamnya, sampai dengan fungsinya.

Komponen elektronika aktif merupakan jenis komponen elektronika yang memiliki fungsi menguatkan, menyearahkan sinyal listrik, serta dapat mengubah sebuah energi ke energi yang lain. Komponen jenis ini hanya dapat bekerja jika ada arus listrik. Saat ini banyak sekali jenis komponen elektronika aktif.

Komponen Aktif Elektronika

Jika anda serius ingin mendalami elektronika, maka harus paham betul komponen mana saja yang termasuk komponen elektronika aktif, dan mana saja yang termasuk komponen elektronika aktif. Berikut ini adalah beberapa jenis komponen elektronika aktif yang perlu anda ketahui dan kenali.

1. Transistor

Transistor merupakan salah satu jenis komponen elektronika dasar yang juga termasuk salah satu komponen elektronika aktif. Komponen yang satu ini memiliki banyak sekali fungsi, mulai dari penguat sampai dengan switch atau saklar. Transistor juga dapat mengubah bahan yang awalnya tidak bisa menghantarkan arus listrik menjadi bahan penghantar arus listrik. Pada umumnya sebuah transistor memiliki tiga kaki, yakni basis, emitor, dan kolektor.

2. Dioda

Dioda atau diode juga merupakan salah satu komponen elektronika aktif. Komponen yang satu ini berfungsi sebagai penyearah arus listrik dan tegangan. Pada umumnya dioda memiliki dua kaki yakni kaki anoda dan katoda. Ada banyak sekali jenis dioda mulai dari dioda zener, dioda silicon, dioda germanium, LED, sampai dengan foto sel.

3. SCR

SCR merupakan singkatan dari Silicon Control Rectifier. Komponen ini merupakan salah satu jenis komponen elektronika aktif. SCR memiliki fungsi sebagai pengatur motor DC yang memiliki tegangan besar dengan mengatur tegangan gerbang atau gate. SCR sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni DIAC dan TRIAC.

4. IC

IC merupakan singkatan dari Integrated Circuit. Komponen yang satu ini merupakan sebuah komponen elektronika aktif yang berisi rangkaian beberapa komponen yang terbentuk menjadi satu kesatuan. Jadi fungsi dari IC sendiri tergantung dari komponen penyusu yang ada di dalamnya.

Selain itu sebenarnya juga masih ada beberapa komponen aktif elektronika lainnya yang tidak bisa kami tulis satu per satu pada artikel ini. Sekian informasi yang bisa kami sampaikan, jangan lupa bagikan artikel ini apabila bermanfaat. Baca juga ulasan menarik lainnya seputar lambang komponen elektronika dan fungsinya.

Incoming search terms:

  • komponen aktif
  • komponen aktif dan pasif pada rangkaian sensor parkir mobil
  • komponen aktif elektronika
  • komponen aktif sensor

Leave a reply "Komponen Aktif Elektronika dan Fungsinya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.