Komponen Dasar Elektronika dan Fungsinya

2491 views

komponen dasar elektronika 2Komponen Dasar Elektronika dan Fungsinya - Salah satu sub materi yang harus anda pahami betul-betul saat anda ingin belajar elektronika adalah mengenal komponen elektronika. Komponen elektronika sendiri terbagi atau dua jenis, yakni komponen elektronika aktif dan komponen elektronika pasif.

Setelah sebelum dibahas mengenai komponen elektronika daya, pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat informasi mengenai komponen dasar elektronika. Ada beberapa komponen dasar yang harus anda kuasai agar bisa membuat rangkaian elektronika dengan mudah.

Bagi anda yang belum tahu tentang komponen elektronika pasif dan aktif, akan kami jelaskan sekilas. Komponen elektronika pasif merupakan komponen elektronika yang tidak memerlukan arus listrik dan tegangan dalam penggunaannya. Sebaliknya, komponen elektronika aktif adalah komponen elektronika yang memerlukan arus listrik dan tegangan dalam penggunaanya.

Komponen Dasar Elektronika

Berikut adalah beberapa komponen elektronika dasar, baik yang aktif dan pasif beserta dengan fungsinya yang harus anda ketahui dan pahami. Bagi anda yang ingin tahu informasi lengkapnya bisa simak ulasan lengkap di bawah ini:

1. Resistor

resistor

Resistor merupakan salah satu komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi sebagai tahanan. Nilai satuan dari resistor adalah Ohm. Resistor terbagi menjadi dua, yakni resistor tetap dan resistor variabel.

2. Kapasitor

kapasitor

Kapasitor atau kondensator adalah salah satu komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi sebagai penyimpan arus untuk sementara waktu. Terdapat kapasitor yang memiliki polaritas, dan ada pula kapasitor yang tidak berpoplaritas.

3. Induktor

induktor

Induktor atau kumparan adalah salah satu komponen elektronika pasif. Komponen yang satu ini memiliki fungsi sebagai penyimpan energi dalam medan magnet yang ditimbulkan akibat arus listrik yang melintasinya.

4. Transformator

transformator

Transformator atau trafo adalah salah satu komponen elektronika pasif. Komponen ini memiliki fungsi memindahkan tenaga listrik antar dua atau lebih rangkaian listrik melalui induksi elektromagnetik. Trafo ini juga dapat digunakan untuk menurunkan tegangan.

5. Dioda

dioda

Dioda merupakan salah satu komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi sebagai penyearah. Komponen ini memiliki banyak sekali macamnya, diantaranya adalah dioda cahaya, dioda foto, dioda laser, diode Zener, dan dioda Bridge.

6. Transistor

transistor

Transistor adalah salah satu jenis komponen elektronika aktif. Komponen yang satu ini memiliki fungsi sebagai penguat, switching, stabilisasi tegangan, modulasi sinyal, dan beberapa fungsi lainnya.

Sekian informasi mengenai komponen dasar elektronika dan fungsinya. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya seputar dasar dasar elektronika. Sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya.

Incoming search terms:

  • komponen dasar elektronik

Leave a reply "Komponen Dasar Elektronika dan Fungsinya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.