Komponen Elektronika Aktif dan Pasif Beserta Penjelasannya

3259 views

komponen elektronika aktif dan pasifKomponen Elektronika Aktif dan Pasif Beserta Penjelasannya - Sebelumnya sudah pernah disinggung bahwa komponen elektronika memiliki jenis yang sangat bermacam-macam. Pada dasarnya, komponen elektronika terbagi atas dua kategori, yakni komponen elektronika aktif dan komponen elektronika aktif.

Kedua komponen tersebut banyak digunakan untuk membuat sebuah rangkaian elektronika. Jika anda berniat untuk belajar elektronika, maka anda harus paham betul apa itu komponen elektronika aktif, dan apa itu komponen elektronika pasif. Berikut akan kami jabarkan mengenai pengertian komponen elektronika aktif dan pasif.

Komponen Elektronika Aktif dan Pasif

Komponen elektronika aktif merupakan komponen elektronika yang dalam penggunaannya memerlukan tegangan atau arus listrik. Komponen elektronika aktif ini juga dapat mengubah suatu energi ke energi yang lain. Contoh dari komponen elektronika aktif adalah transistor, IC, dioda, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan komponen elektronika pasif adalah komponen elektronika yang dalam penggunaanya tidak memerluka tegangan atau arus listrik. Komponen ini tidak dapat mengubah suatu energi ke energi yang lain. Contoh dari komponen elektronika pasif adalah resistor, kapasitor atau kondensator, sampai dengan induktor.

Kedua jenis komponen elektronika tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah rangkaian elektronika. Misal saja resistor. Resistor ini merupakan salah satu jenis komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi sebagai hambatan. Dalam sebuah rangkaian, resistor dapat menghambat arus listrik sehingga menurunkannya ke nilai tertentu sesuai dengan nilai resistansi yang dimilikinya.

Sedangkan dioda merupakan salah satu jenis komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi sebagai penyearah. Dengan adanya dioda dalam sebuah rangkaian elektronika, maka arus listrik dapat dialirkan ke arah tertentu, dan menghambat aliran sebaliknya. Itulah mengapa baik komponen elektronika aktif maupun pasif memiliki peran yang sangat penting.

Untuk lebih memperdalam pemahaman anda mengenai komponen elektronika pasif dan aktif, anda bisa baca artikel mengenai jenis komponen elektronika dan fungsinya. Dalam artikel tersebut akan dijelaskan informasi mengenai jenis-jenis komponen, macam-macamnya, sampai dengan fungsinya.

Sekian sedikit informasi mengenai komponen elektronika aktif dan pasif beserta penjelasannya. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda melalui tombol sosial media yang telah disediakan. Baca juga artikel yang tak kalah menarik lainnya seputar simbol komponen elektronika beserta fungsinya.

Incoming search terms:

  • macam macam komponen elektronika
  • komponen elektronika pasif
  • komponen elektronika pasif dan aktif
  • komponen elektronika aktif
  • komponen aktif dan pasif
  • jenis komponen elektronika pasif
  • komponen-komponen elektronika pasif dan aktif lengkap
  • komponen elektronika aktif dan pasif
  • contoh komponen elektronika pasif
  • definisi dari komponen aktif dan pasif

Leave a reply "Komponen Elektronika Aktif dan Pasif Beserta Penjelasannya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.