Komponen Elektronika Aktif Adalah?

1664 views

komponen elektronika aktifKomponen Elektronika Aktif Adalah? - Setelah sebelumnya belajarelektronika.net menjawab pertanyaan komponen elektronika pasif adalah? Kini akan dilanjutkan dengan komponen elektronika aktif. Jika anda membaca artikel sebelumnya, pasti sudah tau apa definisi dari komponen aktif.

Komponen elektronika aktif adalah komponen elektronika yang memiliki fungsi menyearahkan sinyal listrik, menguatkan, serta dapat mengubah suatu energi ke energi yang lain. Komponen jenis ini hanya dapat bekerja jika ada tegangan atau arus listrik. Komponen aktif sendiri memiliki banyak sekali macam.

Tentunya anda sudah mengenal nama-nama komponen elektronika seperti dioda, transistor, SCR, sampai dengan IC. Empat komponen tersebut merupakan contoh-contoh dari komponen aktif. Selain itu sebenarnya masih ada beberapa jenis lain, namun tidak bisa kami sebutkan satu per satu di sini.

Komponen Elektronika Aktif

Untuk mempermudah pemahaman terkait komponen elektronika aktif, berikut ini akan kami bagikan beberapa contoh komponennya beserta dengan fungsinya.

1. IC (Integrated Circuit)

IC alias Integrated Circuit merupakan jenis komponen aktif elektronika yang berisi rangkaian beberapa komponen dasar yang terbentuk menjadi satu kesatuan. Komponen yang satu ini memiliki fungsi yang bermacam-macam, tergantung komponen dasar yang menyusu IC itu sendiri.

2. Transistor

Transistor adalah salah satu jenis komponen elektronika dasar aktif. Komponen ini memiliki banyak sekali fungsi, mulai dari penguat sampai dengan switch atau saklar. Selain itu transistor juga bisa mengubah bahan yang tidak bisa menghantarkan arus listrik menjadi bahan penghantar arus listrik.

3. Dioda

Dioda atau diode merupakan komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi sebagai penyearah arus dan tegangan listrik. Komponen yang satu ini banyak sekali macamnya, seperti LDR. photo dioda, sampai dengan LED. Kita dapat dengan mudah menemukan komponen ini di penjual-penjual komponen elektronika.

4. SCR (Silicon Control Rectifier)

SCR atau Silicon Control Rectifier merupakan komponen aktif yang memiliki fungsi sebagai pengatur motor. Komponen ini memiliki dua jenis, yakni DIAC dan TRIAC.

Disamping empat komponen tadi, sebenarnya masih ada beberapa komponen aktif lainnya. Semoga artikel kali ini dapat menjawab pertanyaan anda mengenai "komponen elektronika aktif adalah". Bagikan artikel ini ke teman-teman anda melalui sosial media. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya seputar grosir komponen elektronika online.

Leave a reply "Komponen Elektronika Aktif Adalah?"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.