Komponen Elektronika dan Fungsinya Lengkap

4641 views

komponen elektronika dan fungsinyaKomponen Elektronika dan Fungsinya Lengkap - Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai fungsi komponen elektronika dasar. Dan pada kesempatan kali ini belajar elektronika akan mengajak anda semua untuk mempelajari informasi lebih lanjut mengenai komponen elektronika dan fungsinya secara lengkap.

Sebelumnya juga telah disinggung bahwa komponen elektronika terdiri dari dua jenis, yakni komponen elektronika aktif dan komponen elektronika pasif. Komponen elektronika aktif adalah komponen yang memiliki peran mengalirkan ataupun memperkuat aliran listrik dalam sebuah rangkaian elektronika. Sebaliknya, komponen elektronika pasif tidak memiliki peran tersebut.

Dewasa ini perkembangan komponen elektronika kian pesat. Banyak komponen-komponen baru yang mungkin tidak bisa dijumpai beberapa tahun yang lalu. Namun komponen-komponen tersebut tentunya juga tak lepas dari peran komponen dasar seperti resistor, transistor, kapasidor, dioda, dan kawan-kawannya.

Komponen Elektronika dan Fungsinya

Jika anda ingin mempelajari elektronika lebih jauh, maka anda harus paham betul apa saja komponen elektronika, termasuk fungsi dari komponen tersebut. Berikut adalah beberapa komponen elektronika dan fungsinya lengkap, yang bisa anda gunakan sebagai referensi belajar.

Induktor

Induktor adalah salah satu komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi sebagai pengatur frekwensi, filter, serta penyambung atau kopel. Induktor memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah rangkain elektronika.

Kapasitor

Kapasitor atau yang sering juga disebut dengan kondensator merupakan komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi sebagai penyimpan muatan listrik atau energi untuk sementara waktu.

Resistor

Resistor adalah komponen elektronika pasif yang berfungsi sebagai penghambat arus listrik dalam sebuah rangkaian elektronika. Yang membedakan resistor satu dengan resistor lain adalah nilai resistansi yang dimilikinya.

Dioda

Dioda merupakan komponen elektronika aktif yang berfungsi sebagai pengantar arus satu arah dan mengentikan arus ke arah yang lainnya. Dioda memiliki banyak sekali jenis mulai dari LDR sampai dengan LED.

Transistor

Transistor merupakan komponen elektronika aktif yang berfungsi sebagai penguat arus, penyetabil tegangan, switch, penyearah, modulasi sinyal, dan masih banyak lagi yang lainnya. Transistor biasanya ditanamkan dalam sebuah IC.

Selengkapnya bisa anda baca di >> Komponen Elektronika dan Fungsinya

Sekian informasi mengenai fungsi fungsi komponen elektronika. Semoga informasi tadi dapat memberikan manafaat dan inspirasi, khususnya bagi para pembaca. Pantau terus website belajarelektronika.net untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar elektronika terbaru dan terlengkap. Baca juga artikel menarik lainnya mengenai daftar harga komponen elektronika.

 

Incoming search terms:

  • komponen elektronika dan fungsinya lengkap
  • IMAGE KOMPONEN ELEKTRONIKA TERLNGKAP DGN FUNGSINYA

Leave a reply "Komponen Elektronika dan Fungsinya Lengkap"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.