Komponen Elektronika dan Simbolnya Beserta Fungsinya

9327 views

komponen elektronika dan simbolnya

Komponen Elektronika dan Simbolnya Beserta Fungsinya – Komponen elektronika pasti sangat erat kaitannya dengan simbol elektronika. Pasalnya dalam sebuah gambar elektronika, komponen selalu digambarkan dengan simbol-simbol sehingga mudah dipahami oleh orang lain.

Perlu diketahui bahwa simbol komponen elektronika sudah bersifat universal. Artinya baik di Indonesia maupun di belahan dunia manapun, lambang atau simbol komponen elektronika sama bentuknya. Misal simbol komponen resistor selalu digambarkan dengan garis yang memiliki dua ujung yang ditengahnya terdapat lekukan garis membentuk zig-zag.

Komponen Elektronika dan Simbolnya

Oke, untuk memudahkan dan mematangkan pengetahuan anda mengenai simbol komponen elektronika dan fungsinya, silahkan simak baik-baik ulasan dari belajarelektronika.net berikut ini.

1. Resistor

simbol resistor

Resistor adalah salah satu komponen elektronika yang sangat populer. Komponen ini berfungsi sebagai tahanan arus listrik dalam sebuah rangkaian elektronika. Resistor punya banyak sekali jenisnya, milai dari resistor yang nilai resistensinya tetap, sampai dengan resistor yang nilai resistansinya dapat berubah-ubah.

2. Kapasitor

simbol kapasitor

Kapasitor adalah komponen elektronika yang memiliki fungsi menyimpan muatan listrik sementara waktu. Komponen ini juga banyak macamnya, mulai dari kapasitor yang memiliki polaritas, dan kapasitor yang tidak memiliki polaritas. Ada juga kapasitor keramik dan kertas atau mika.

3. Dioda

simbol dioda

Dioda adalah komponen elektronika yang memiliki fungsi sebagai penyearah arus listrik. Komponen tersebut banyak sekali macamnya. Jika anda tahu LDR, itu juga termasuk salah satu jenis dioda. LED yang dapat memancarkan cahaya juga termasuk salah satu komponen dioda.

Selain tiga komponen tersebut, masih ada banyak sekali komponen elektronika beserta dengan simbolnya. Jika anda ingin tahu informasi lebih lengkap mengenai komponen elektronika beserta simbolnya, bisa lihat baca artikel mengenai lambang komponen elektronika.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai komponen elektronika dan simbolnya beserta fungsinya. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat bagi para pembaca sehingga menambah pengetahuan seputar elektronika. Bagikan artikel ini kepada teman-teman anda jika dirasa bermanfaat. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya seputar nama komponen elektronika dan fungsinya. Sampai jumpa di ulasan menarik berikutnya.

Incoming search terms:

  • simbol komponen elektronika dan fungsinya
  • lambang elektronika dan fungsinya
  • simbol dan fungsi komponen elektronik di dalam tabel minimal 10
  • 10 komponen dan simbolnya
  • 20 simbol komponen elektronika
  • komponen komponen elektronika simbol dan fungsinya
  • komponen resistor beserta simbolnya
  • lengkap komponen elektronik dan simbolnya
  • pengertian komponen LED beserta fungsi dan simbolnya
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.