Komponen Elektronika Dasar dan Fungsinya

1521 views

komponen elektronika dasarKomponen Elektronika Dasar dan Fungsinya - Berbicara soal elektronika pasti tak akan pernah lepas dari yang namanya komponen elektronika. Ya, pada dasarnya komponen elektronika digunakan untuk membangun atau menyusun sebuah rangkaian elektronika. Tanpa adanya komponen elektronika, maka mustahil terbentuk suatu rangkaian elektronika.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa komponen elektronika memiliki dua kategori, yakni komponen elektronika pasif dan komponen elektronika aktif. Komponen elektronika pasif adalah komponen elektronika yang dalam penggunaannya tidak memerlukan arus atau tegangan listrik.

Sebaliknya, komponen elektronika aktif adalah komponen elektronika yang dalam penggunaanya memerlukan arus atau tegangan listrik. Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai komponen elektronika dioda. Komponen tersebut termasuk salah satu jenis komponen elektronika aktif.

Komponen Elektronika Dasar

Selain dioda, masih banyak jenis komponen elektronika lainnya seperti kapasitor, resistor, transistor, dll. Nah, bagi anda yang ingin tahu informasi mengenai macam-macam komponen elektronika dasar lengkap dengan fungsinya, bisa langsung simak baik-baik ulasan belajarelektronika.net berikut ini.

1. Resitor

Resistor adalah salah satu komponen elektronika dasar yang masuk ke dalam kategori komponen elektronika pasif. Komponen ini memiliki bentuk kecil memanjang dan terdapat gelang-gelang warna. Gelang warna tersebut menandakan nilai resistansi yang dimiliki oleh sebuah resistor. Satuan nilai dari resistor sendiri adalah Ohm (Ω).

Fungsi resistor adalah sebagai hambatan atau tahanan arus listrik dari sebuah rangkaian elektronika. Komponen resistor memiliki banyak sekali macam, mulai dari resistor tetap, resistor variabel, dan resistor yang nilai resistansinya dipengaruhi oleh beberapa kondisi seperti suhu atau cahaya.

2. Kapasitor

Kapasitor adalah salah satu komponen elektronika dasar yang juga termasuk salah satu jenis komponen elektronika pasif. Fungsi kapasitor adalah sebanyak penyimpan energi listrik untuk sementara waktu. Kapasitor atau kondensator ini memiliki banyak sekali macam, mulai dari kapasitor tetap, kapasitor variabel, kapasitor dengan bahan-bahan tertentu seperti keramik, kertas, dll.

3. Induktor

Induktor adalah salah satu komponen elektronika dasar yang biasanya banyak dijumpai pada rangkain pemancar ataupun radio. Fungsi induktor adalah sebagai pengatur frekwensi atau penyambung (kopel). Induktor atau kumparan atau coil ini termasuk salah satu komponen elektronika pasif.

4. Dioda

Dioda adalah salah satu komponen dasar yang memiliki banyak jenis, mulai dari dioda zener, LED, dioda foto, dioda schottky, dan dioda laser. Dioda berfungsi sebagai penyearah arus lisrik dan memiliki dua kaki, yakni kaki anoda dan kaki katoda. Untuk informasi lebih lengkap mengenai komponen dioda bisa anda baca pada artikel komponen dioda.

5. Transistor

Transistor adalah salah satu komponen elektronika dasar yang juga termasuk dalam kategori komponen elektronika aktif. Fungsi transistor adalah sebagai penyetabil tegangan, penguat, switch, modulasi signal, dan masih banyak lagi yang lainnya. Transistor memiliki tiga kaki yakni kaki emitor, kolektor, dan basis.

Sekian informasi mengenai komponen elektronika dasar dan fungsinya. Semoga artikel tadi dapat memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya, dan jangan lupa untuk membaca artikel lain dari kami mengenai rangkaian elektronika dasar.

Leave a reply "Komponen Elektronika Dasar dan Fungsinya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.