Komponen Elektronika Daya dan Fungsinya

3369 views

komponen elektronika dayaKomponen Elektronika Daya dan Fungsinya - Dalam dunia elektronika, selain kita mengenal komponen elektronika aktif dan pasif, juga terdapat salah satu jenis komponen lainnya, yakni komponen elektronika daya. Pastinya sebagian dari anda banyak yang bertanya-tanya sebenarnya apa itu elektronika daya.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya elektronika daya adalah cabang ilmu elektronika yang membahas terkait switching, pengontrolan serta pengubah atau konversi blok blok yang besar dari daya listrik menggunakan sarana alat berbahan semikonduktor. Secara garis besar, elektronika terbagi menjadi dua macam, yakni rangkaian daya serta rangkaian kontrol.

Komponen Elektronika Daya

Kembali ke pembahasan utama, setelah sebelumnya belajarelektronika.net mengajak anda semua untuk melihat informasi mengenai komponen aktif dan pasif elektronika daya, pada kesempatan kali ini anda akan diajak untuk melihat komponen elektronika mana saja yang termasuk komponen elektronika daya. Simak baik-baik ulasannya berikut ini.

1. Dioda atau Diode

Mungkin sebagian besar dari anda sudah tak asing lagi dengan komponen elektronika yang satu ini. Ya, dioda merupakan salah satu jenis komponen elektronika dasar yang juga masuk dalam kategori komponen elektronika aktif. Komponen dioda ini memiliki fungsi sebagai penyearah dalam sebuah rangkaian elektronika. Dioda juga termasuk salah satu jenis komponen elektronika daya yang paling umum.

2. Transistor

Transistor adalah komponen elektronika dasar yang juga masuk ke dalam jajaran komponen elektronika aktif. Komponen yang memiliki fungsi sebagai penguat dan switch ini juga termasuk salah satu jenis komponen elektronika daya yang sering dijumpai di berbagai jenis rangkaian elektronika.

3. IGBT (Insulated Gate Bipolar Transistor)

IGBT sebenarnya merupakan salah satu jenis transistor. Insulated Gate Bipolar Transistor ini merupakan kombinasi dari BJT dan MOSFET. Banyak orang yang menyebut komponen ini sebagai transistor dwi kutub yang memiliki fungsi sebagai saklar dalam sebuah rangkaian elektronika.

4. Thyristor

Thyristor adalah komponen elektronika daya yang terbuat dari bahan semikonduktor. Komponen yang satu ini juga memiliki fungsi sebagai switch atau saklar dalam sebuah rangakain elektronika.

Sekian informasi mengenai komponen elektronika daya dan fungsinya. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Bagikan artikel ini kepada teman-teman anda apabila bermanfaat. Dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya mengenai distributor komponen elektronika.

Incoming search terms:

  • elektronika daya
  • komponen elektronika daya
  • komponen elektronika daya dan fungsinya
  • fungsi dioda di elektronika daya
  • komponen elekteonika doc
  • komponen elektrknika daya
  • pengertian dioda dan fungsinya di elektronika daya
  • komponen elektronika daya berserta funfsinya
  • Komponen elektronika daya penjelasannya
  • komponen komponen elektronika daya

Leave a reply "Komponen Elektronika Daya dan Fungsinya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.