Komponen Elektronika Pasif Adalah?

1224 views

komponen elektronika pasifKomponen Elektronika Pasif Adalah? - Banyak orang yang sedang belajar elektronika bertanya-tanya tentang pengertian dari komponen elektronika pasif. Sebelum menjelaskan apa itu komponen elektronika pasif, belajarelektronika.net akan memberikan pengantar seputar komponen elektronika dan jenis-jenisnya.

Perlu diketahui bahwa komponen elektronika terbagi atas dua jenis. Yang pertama adalah komponen elektronika pasif, anda yang kedua adalah komponen elekronika aktif. Karena pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai komponen elektronika pasif, kami tak akan menyinggung mengenai komponen elektronika aktif. Namun buat anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai komponen elektronika aktif, bisa baca artikel komponen aktif elektronika.

Komponen Elektronika Pasif

Komponen elektronika pasif adalah komponen elektronika yang dapat bekerja tanpa sumber tegangan dan arus listrik. Atau dalam bahasa lain, komponen elektronika pasif dapat didefinisikan sebagai komponen elektronika yang dalam pengoperasiannya tidak memerlukan tegangan dan arus listrik.

Saat ini banyak sekali jenis komponen elektronika pasif, mulai dari resistor, kapasitor, induktor, sampai dengan saklar. Selain empat komponen tadi sebenarnya masih banyak lagi jenis komponen pasif lainnya. Mengingat perkembangan dunia elektronika saat ini juga berkembang dengan sangat pesat.

Berikut akan kami bagikan beberapa contoh komponen elektronika pasif:

1. Kapasitor

Kapasitor merupakan komponen pasif yang memiliki fungsi menyimpan muatan listrik untuk sementara waktu. Komponen ini memiliki beberapa jenis mulai dari kapasitor yang memiliki kutub sampai dengan kapasitor yang tak memiliki kutub.

2. Resistor

Resistor adalah komponen pasif yang memiliki fungsi sebagai hambatan atau tahan arus listrik. Komponen ini memiliki satuan Ohm. Banyak sekali jenis resistor mulai dari resistor yang nilai hambatannya tetap sampai dengan resistor yang nilai hambatannya dapat berubah-ubah (resistor variabel).

3. Saklar

Saklar adalah komponen pasif yang dapat berfungsi sebagai swich pemutus dan penyambung arus listrik. Komponen ini dapat dengan mudah ditemukan di rumah-rumah.

4. Induktor

Induktor adalah komponen pasif yang biasanya banyak dijumpai pada rangkaian seperti radio dan televisi. Komponen ini memiliki fungsi menahan arus AC dan melewatkan arus DC.

Dengan sedikit informasi tadi, semoga dapat menjawab pertanyaan anda mengenai "komponen elektronika pasif adalah". Semoga informasi tadi dapat bermanfaat, dan jangan lupa baca artikel bermanfaat lainnya mengenai mengenal komponen elektronika dasar lengkap. Sampai jumpa.

Leave a reply "Komponen Elektronika Pasif Adalah?"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.