Komponen Elektronika Resistor Transistor Kapasitor Dioda

2890 views

komponen elektronika resistorKomponen Elektronika Resistor Transistor Kapasitor Dioda - Ketika belajar elektronika, kita mengenal yang namanya komponen elektronika dasar. Komponen tersebut terdiri dari resistor, transistor, kapasitor, serta dioda. Keempat komponen tersebut biasanya sangat sering kita temukan di berbagai macam rangkaian elektronika.

Pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat informasi mengenai komponen elektronika dasar yang terdiri dari restor, transistor, kapasitor, dan dioda. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengeritan, gambar, fungsi, sampai dengan jenis-jenisnya.

Komponen Elektronika Resistor Transistor Kapasitor Dioda

Namun sebelum melanjutkannya, anda juga bisa membaca artikel lain mengenai cara mengukur komponen elektronika. Dalam artikel tersebut juga dibahas mengenai cara mengukur komponen elektronika resistor, kapasitor, transistor, dan juga dioda. Oke, berikut informasi lengkapnya.

1. Resitor

resistor

Resistor adalah salah satu jenis komponen elektronika pasif. Komponen yang satu ini memiliki fungsi sebagai hambatan atau penghambat arus listrik dalam sebuah rangkaian elektronika. Besar kecilnya sebuah resistor tergantung nilai resistansi yang dimilikinya. Satuan resistor sendiri adalah Ohm.

Selain itu resistor juga memiliki banyak sekali jenis, mulai dari resistor tetap sampai dengan resistor variabel. Resistor tetap adalah resistor yang nilai resistansinya tidak dapat diubah-ubah. Sebaliknya resistor variabel adalah resistor yang nilai resistansinya dapat diubah-ubah, seperti potensiometer.

2. Transistor

transistor

Transistor adalah salah satu komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi yang bermacam-macam. Transistor bisa berfungsi sebagai penguat maupun sebagai switch atau saklar. Transistor juga termasuk salah satu komponen elektronika daya yang dapat mengubah energi satu ke energi yang lain.

Pada umumnya sebuah transistor memiliki tiga kaki, yakni kaki basis, emitor, dan kolektor. Kaki-kaki tersebut tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Karena perbedaan tersebut transistor terbagi menjadi dua macam, yakni transistor PNP dan NPN.

3. Kapasitor

kapasitor

Kapasitor atau kondensator adalah salah satu komponen elektronika pasif. Komponen yang satu ini memiliki fungsi sebagai penyimpan arus untuk semantara waktu. Kapasitor sendiri banyak kita jumpai di beberapa rangkaian elektronika, termasuk rangkaian motherboard komputer PC.

Ada banyak sekali jenis kapasitor yang bisa kita jumpai, mulai dari kapasitor yang memiliki polaritas, sampai dengan kapasitor yang tidak berpolaritas. Selain itu juga terdapat kapasitor yang nilainya tetap, juga terdapat kapasitor yang nilainya berubah-ubah atau kapasitor variabel.

4. Dioda

dioda

Dioda adalah salah satu jenis komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi sebagai penyerah. Komponen ini dapat menghantarkan arus ke satu arah, dan menghentikan arus ke arah yang lain. Dioda atau diode ini memiliki banyak sekali macamnya. LED yang dapat memancarkan cahaya juga termasuk salah satu jenis dioda.

Sekian informasi mengenai komponen elektronika resistor transistor kapasitor dioda. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat, khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman anda, dan baca juga informasi menarik lainnya seputar komponen elektronika daya.

Incoming search terms:

  • belajar elek tronik teransistor
  • resistor tiga kaki com
  • fungsi diode
  • macam macam kapasitor
  • resistor di motherboard
  • resistor elektronik
  • transistor resistor dioda

Leave a reply "Komponen Elektronika Resistor Transistor Kapasitor Dioda"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.