Komponen Komponen Radio FM Beserta Fungsinya

4608 views

komponen radio fm beserta fungsinyaKomponen Komponen Radio FM Beserta Fungsinya - Pastinya anda semua sudah tak asing lagi bukan dengan yang namanya radio FM? Dahulu kala sebelum ada televisi, radio adalah satu-satunya alat elektronik yang digunakan untuk mendapatkan informasi baik berupa berita, hiburan, dan masih banyak lagi yang lain.

Bentuk radio sangat bermacam-macam. Dahulu ukuran radio tak sekecil sekarang. Namun seiring perkembangan teknologi, dimensi radio baik AM atau FM menjadi semakin compact. Walaupun sudah mengalami berbagai perubahan, namun komponen elektronika yang digunakan untuk membuat sebuah radio tidak banyak berubah.

Nah, pada kesempatan kali ini Belajar Elektronika akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai komponen komponen radio FM beserta dengan fungsinya. Dengan adanya informasi ini diharapkan pembaca dapat lebih mengenal tentang isi atau bagian yang ada di radio, jika sewaktu-waktu diperlukan akan lebih mudah mengingatnya.

Komponen Komponen Radio FM

Sebelum membahas apa saja komponen komponen yang ada dalam sebuah radio FM, anda perlu tahu terlebih dahulu bahwa sebuah radio FM memiliki 6 bagian pokok. Berikut adalah informasi lengkap mengenai bagian-bagian pokok yang terdapat dalam sebuah radio FM lengkap dengan penjelasannya.

  1. Tuning atau lingkaran penala
  2. Oscilator dan mixer
  3. Detector
  4. Penguat frekwensi menengah (MF / IF)
  5. Penguat suara (AF)
  6. Penguat akhir

Nah, dalam masing-masing bagian radio FM tersebut, terdapat beberapa komponen elektronika sebagai penyusunnya. Berikut adalah penjabaran terkait komponen yang ada di dalam bagian radio FM lengkap beserta dengan fungsinya. Penasaran? Langsung saja simak baik-baik ulasan Belajar Elektronika berikut.

1. Tuning atau lingkaran penala

Dalam bagian tuning atau lingkaran penala ini terdapat beberapa komponen penyusun seperti kondensetor keramik, spoel antena dan batang ferit, farco, fered, dan antena batang. Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi-fungsi dari komponen yang telah disebutkan tadi.

  • Kondensator keramik berfungsi untuk penyaring arus/tegangan dan penyaring frekuensi.
  • Spoel antena berfungsi sebagai alat untuk menagkap gelombang elektomagnetik.
  • Farco atau kondensator variabel berfungsi untuk memilih gelombang frekuensi tertentu yang akan ditangkap.
  • Antena batang berfungsi untuk menagkap gelombang elektromagnetik yang ada di udara.

2. Oscilator dan mixer

Dalam bagian oscilator dan mixer ini terdapat beberapa komponen elektronika penyusun seperti spoel oscilator, transistor, dan juga resistor. Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi-fungsi dari komponen yang telah disebutkan tadi. Untuk anda yang penasaran silahkan simak baik-baik.

  • Transistor berfungsi untuk menyambung dan memutus (switching), stabilisasi tegangan, dan juga modulasi sinyal.
  • Resistor berfungsi untuk menahan arus listrik.

3. Detector

Dalam bagian detector ini terdapat beberapa komponen elektronika penyusun seperti potensiometer dan juga dioda detector. Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi-fungsi dari komponen yang telah disebutkan tadi. Untuk anda yang penasaran silahkan simak baik-baik.

  • Potensiometer berfungsi sebagai resistor variabel atau rheostat dalam urusan pembagian tegangan.
  • Dioda detector berfungsi sebagai penyearah arus listrik.

Baca juga : Rangkaian Pemancar Radio FM Mini

4. Penguat frekwensi menengah (MF / IF)

Dalam bagian penguat frekwensi menengah (MF / IF) ini terdapat komponen elektronika penyusun berupa kondensator elektrolit atau elco. Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi-fungsi dari komponen yang telah disebutkan tadi. Untuk anda yang penasaran silahkan simak baik-baik.

  • Elco berungsi untuk menyimpan energi dalam medan listrik dengan mengumpulkan ketidakseimbangan internal muatan listrik.

5. Penguat suara (AF)

Getaran suara yang dihasilkan oleh komponen potensiometer, yakni Vi keadaannya masih sangat lemah. Oleh karena itu harus diperkuat dengan menggunakan penguat suara. Dalam penguat suara ini, komponen yang bertugas adalah transistor yang berfungsi untuk menguatkan getaran suara tersebut.

6. Penguat akhir

Dalam bagian penguat akhir (AF) ini terdapat komponen elektronika penyusun berupa transformator atau trafo IT dan OT. Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi-fungsi dari komponen yang telah disebutkan tadi. Untuk anda yang penasaran silahkan simak baik-baik.

  • Transformator step up berfungsi untuk menaikkan tegangan.
  • Transformator step down berfungsi untuk menurunkan tegangan.

Demikian informasi singkat mengenai komponen komponen radio FM beserta fungsinya. Semoga informasi yang kami sampaikan pada kesempatan yang baik ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya para pembaca setia belajarelektronika.net di manapun anda berada. Sampai jumpa.

 

Incoming search terms:

  • komponen radio
  • komponen radio fm
  • bagian bagian radio beserta fungsinya
  • komponen radio beserta fungsinya
  • komponen radio beserta penjelasannya dan fungsi
  • komponen komponen radio
  • komponen radio dan fungsinya
  • bagian radio
  • komponen radio tuner fm
  • komponen pemancar radio

Leave a reply "Komponen Komponen Radio FM Beserta Fungsinya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.