Komponen Pasif Elektronika dan Fungsinya

1648 views

komponen pasif elektronikaKomponen Pasif Elektronika dan Fungsinya - Dalam dunia elektronika kita mengenal yang namanya komponen elektronika. Komponen elektronika sendiri terbagi atas dua macam, yakni komponen elektronika aktif dan komponen elektronika pasif. Kedua jenis komponen tersebut digunakan untuk menyusun sebuah rangkaian elektronika.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai komponen elektronika aktif. Dan pada kesempatan kali ini akan dilanjutkan mengenai komponen elektronika pasif beserta fungsinya. Perlu diketahui bahwa komponen elektronika pasif merupakan jenis komponen elektronika yang dalam penggunaanya tidak memerluka tegangan ataupun arus listrik.

Komponen Pasif Elektronika

Saat ini ada banyak sekali jenis komponen elektronika pasif. Salah satu contohnya adalah resistor. Ya, resistor merupakan jenis komponen elektronika dasar yang tergolong jenis komponen elektronika pasif. Selain resistor, ada kapasitor, saklar, dan masih banyak lagi jenis komponen lainnya. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

1. Resistor

Resistor adalah sebuah komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi sebagai penghambat atau tahanan arus listrik. Komponen yang satu ini banyak digunakan pada berbagai macam rangkaian elektronika. Komponen resistor memiliki banyak sekali macam, mulai dari resistor tetap sampai denga resistor variabel. Yang membedakan resistor satu dengan resistor lain adalah nilai resistansinya. Nilai resistansi sebuah resistor dapat digambarkan dengan satuan Ohm.

2. Kapasitor

Kapasitor atau kondensator adalah salah satu jenis komponen elektronika pasif yang sangat terkenal. Kapasitor memiliki fungsi sebagai penyimpan muatan listrik sementara waktu. Kapasitor sendiri juga memiliki jenis yang bermacam-macam, mulai dari kapasitor yang berpolar maupun yang tidak berpolar.

3. Induktor

Induktor atau biasa disebut kumparan adalah salah satu jenis komponen elektronika pasif yang terbuat dari kawat email dan memiliki nilai reaktansi. Komponen yang sati ini memiliki fungsi yang sangat bermacam-macam, salah satunya dapat menahan arus AC dan melewatkan arus DC. Komponen induktor biasanya banyak dijumpai pada rangkaian elektronika yang berkaitan dengan sinyal seperti radio dan televisi.

4. Saklar

Saklar adalah salah satu jenis komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi sebagai pemutus dan penyambung sinyal. Saklar atau switch ini terdiri dari dua bagian, yakni kontaktor dan tuas saklar.

Sekian informasi mengenai komponen pasif elektronika. Semoga informasi tadi dapat memberikan inspirasi dan manfaat bagi para pembaca. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-taman anda, dan baca juga artikel menarik lainnya seputar komponen elektronika dasar lengkap.

Incoming search terms:

  • Fungsi komponen pasif
  • komponen pasif
  • kumpulan komponen pasif elektronika
  • MACAM MACAM ELEKTRONIKA PASIF
  • tabel komponen pasif elektronika dan fungsinya

Leave a reply "Komponen Pasif Elektronika dan Fungsinya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.