Kumpulan Project Arduino Bermanfaat Mudah Bagi Pemula

1276 views

Kumpulan Project Arduino Bermanfaat Mudah Bagi Pemula – Halo sobat belajarelektronika.net. Apa kabar? Kami harap kalian semua dalam kondisi baik-baik saja. Sudah lama belajarelektronika.net tidak membahas materi mengenai arduino. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan memberikan materi spesial mengenai arduino untuk sobat semuanya.

Seperti yang kita ketahui bersama, arduino merupakan sebuah alat pengendali mikro board tunggal yang memiliki sifat terbuka (open source) yang diturunkan dari sebuah platform berbasis Wiring. Alat yang satu ini dirancang untuk mempermudah penggunaan dalam berbagai bidang elektronik.

Ada banyak sekali jenis arduino yang kita kenal saat ini mulai dari yang paling populer seperti arduino uno, arduino duo, dan arduino mega, hingga beberapa jenis arduino lain yang jarang kita dengar seperti arduino leonardo, arduino fio, arduino lilypad, arduino micro, arduino ethernet, arduino nano, arduino mini, arduino esplora, dan juga arduino robot.

Project Arduino Bermanfaat dan Mudah

Dari sebuah board arduino, kita bisa membuat berbagai macam alat yang sangat bermanfaat. Jadi fungsi dari arduino sendiri bisa dikatakan tak terbatas. Kita bisa menggunakannya untuk membuat alat yang bermanfaat namun sederhana, bisa juga bisa membuat alat rumit yang super canggih.

Kita hanya perlu memasukkan program ke dalam otak dari arduino itu sendiri, serta menghubungkannya ke berbagai macam output sesuai dengan kebutuhan. Nah, jika anda masih pemula dalam mempelajari arduino, berikut kami berikan referensi mengenai ide-ide project arduino sederhana yang bermanfaat dan mudah diaplikasikan oleh para pemula.

Baca juga : Daftar Harga Arduino Terbaru Lengkap

1. Sensor Parkir Otomatis

Projoct arduino bermanfaat dan mudah yang pertama adalah sensor parking otomatis. Project arduino ini menggunakan sensor ultrasonic yang berfungsi untuk mendeteksi jarak mobil dengan objek sekitar. Saat jarak mobil dengan objek sudah terlalu dekat, maka arduino akan mengirimkan sinyal ke output.

Kita bisa menggunakan berbagai macam jenis output mulai dari speaker atau buzzer, hingga LCD yang bisa menampilkan pesan bahwa jarak antara sensor mobil dengan objek sudah terlalu dekat. Project yang satu ini cukup sederhana, murah, dan cocok diaplikasikan oleh pemula yang baru belajar arduino.

2. Pendeteksi Kebocoran Gas

Selanjutnya ada project arduino bermanfaat yang tak kalah mudah yakni project alat pendeteksi kebocoran gas. Project arduino ini sebenarnya hampir mirip dengan project pertama, hanya saja sensor yang digunakan berbeda. Untuk project kali ini menggunakan sensor gas MQ-2 yang mampu mendeteksi kepekatan gas di udara.

Jadi project arduino yang satu ini sangat bermanfaat untuk mendeteksi kebocoran gas di sebuah ruangan agar kita bisa segera mengatasinya sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Output yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan misalnya speaker, buzzer, ataupun alarm.

Baca juga : Cara Reset Arduino Uno dengan Program

3. Kontroller Menggunakan Infrared

Pastinya anda semua sudah tidak asing lagi dengan remote TV ataupun remote AC bukan? Dengan remote tersebut kita bisa mengendalikan alat dari jarak jauh. Tapi tahukah anda bahwa remote tersebut menggunakan sensor infrared? Ya, sensor infrared yang ada di remote TV atau remote AC bisa kita kombinasikan dengan arduino.

Misalnya kita ingin menyalakan lampu menggunakan remote TV. Caranya kita hanya tinggal menandemkan arduino dengan sensor photo transistor. Jadi remote TV merupakan pengirim sinyal, dan sensor photo transistor sebagai penerima sinyal. Sinyal yang diterima photo transistor diteruskan ke arduino kemudian memberikan umpan pada output berupa lampu.

4. Melacak Lokasi Kendaraan

Selain bisa digunakan untuk sensor parkir pada kendaraan, arduino juga bisa kita aplikasikan untuk melacak lokasi kendaraan. Ya, project arduino yang satu ini tergolong cukup mudah dan cocok bagi para pemula. Kita hanya perlu menandemkan arduino dengan modul GPS ataupun modem SIM.

Setelah itu kita hanya perlu memasangnya pada kendaraan yang ingin dilacak. Dengan begitu kita bisa memonitor dimana lokasi kenderaan tersebut berada dari perangkat smartphone yang kita gunakan. Sayangnya untuk membuat project sederhana ini perlu biaya yang cukup besar, karena harga modul GPS dan SIM sendiri cukup mahal.

5. Penyiram Tanaman Otomatis

Ada satu lagi project arduino sederhana yang mudah diaplikasikan oleh pemula, yakni project alat penyiram tanaman otomatis. Jadi dengan project ini kita tidak perlu repot-repot menyiram tanaman setiap pagi dan sore hari. Kita hanya perlu menandemkan arduino dengan output pompa air.

Selanjutnya yang harus kita lakukan adalah memasukkan program timer ke dalam otak arduino sesuai dengan kehendak kita. Misal kita ingin menyiram tanaman setiap pukul 6 pagi dan enam sore. Maka kita perlu set timer di pukul tersebut agar pompa air aktif dan bisa menyiram tanaman. Kita juga bisa menambahkan motor agar pompa dapat menyiram tanaman secara memutar dan merata.

Selain lima project tadi sebenarnya masih banyak sekali project arduino lain yang tak kalah simple dan mudah. Misalnya saja project robot line following, project sistem keamanan rumah, robot humanoid sederhana, dan lain-lain. Semoga pada kesempatan yang akan datang kami bisa mengulas semuanya untuk anda.

Oke, demikianlah tadi ulasan mengenai kumpulan project arduino bermanfaat dan mudah bagi pemula. Semoga informasi tadi dapat menginspirasi para pembaca semuanya di manapun berada, terutama yang baru mengenal arduino dan ingin membuat project arduino sederhana yang mudah dan murah.

Incoming search terms:

  • project arduino bermanfaat
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.