Langkah Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

21084 views

langkah prosedur keselamatan dan kesehatan kerja k3Langkah Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) - Berbicara soal elektronika industri, pastinya tak akan jauh-jauh dari yang namanya keselamatan dan kesehatan kerja atau yang lebih kerap disebut dengan K3. Ya, dalam dunia industri K3 merupakan salah satu hal yang sangat penting dan harus benar-benar diperhatikan.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai K3, akan kami jelaskan secara singkat apa itu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Keselamatan dan kesehatan kerja adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan, baik dalam hal jasmani ataupun rohani tenaga kerja (manusia), dalam upaya menuju masyarakat makmur dan juga sejahtera.

Jika dilihat dari sisi keilmuan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan dan penerapannya dalam suatu usaha untuk mencegah kemungkinan terjadinya berbagai jenis kecelakaan serta penyakit akibat kerja. Intinya, K3 itu dibuat untuk menjamin keselamatan pekerja dalam menjalankan tugasnya.

Langkah Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Perlu anda ketahui terlebih dahulu bahwa setiap jenis kerja memiliki langkah dan prosedur keselamatan dan kesehatan Kerja yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut tergantung pada sasaran dan lingkungan kerja. Berikut adalah tujuan utama diterapkannya keselatan dan kesehatan kerja.

  • Menjamin keselamatan dan kesehatan setiap tenaga kerja atau orang yang berada di tempat kerja
  • Menjamin kelancaran proses produksi dalam memanfaatkan sumber yang ada secara lancar

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) harus diterapkan pada semua tempat kerja yang melibatkan aspek manusia sebagai tenaga kerja, ntah itu tempat kerja yang sifatnya masih berkembang ataupun yang sudah maju. Berikut adalah aspek perlindungan yang harus diperhatikan dalam K3.

  1. Semua tenaga kerja dari semua jenis serta jenjang keahlian
  2. Peralatan serta bahan produksi yang dipergunakan
  3. Faktor-faktor lingkungan, baik lingkungan fisik, biologi, kimia, sampai dengan sosial
  4. Proses dalam produksi
  5. Karakteristik serta sifat pekerjaan
  6. Teknologi serta metodologi kerja yang diterapkan

Selain itu anda juga harus tahu bahwa terdapat regulasi yang mengatur perihal tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), diantaranya adalah UU No 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, serta UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Selain itu masih ada regulasi lain seperti KepMenKes No 1405/Menkes/SK/XI/2002 tentang Persyaratan Kesehatan, dll.

Baca juga : Belajar Arduino Bagi Pemula

Nah, setelah anda paham mengenai dasar-dasar dalam Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Belajar Elektronika akan berbagi sedikit informasi mengenai contoh langkah atau prosedur penerapan K3 dalam bidang industri atau pabrik. Contoh yang kami bagikan hanyalah dasarnya saja dan bisa anda kembangkan sendiri.

  1. Setiap pekerja harus menggunakan pakaian kerja lengkap
  2. Setiap pekerja harus mematuhi setiap peraturan yang telah dibuat
  3. dst.

Demikian informasi singkat mengenai langkah penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Semoga informasi yang kami bagikan tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi kita semua, khususnya para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa bagikan artikel ini.

Incoming search terms:

  • langkah penerapan keselamatan kerja
  • aplikasi k3
  • langkah dalam k3 usaha
  • langkah langkah dalam k3
  • langkah langkah kerja k3

Leave a reply "Langkah Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.