Macam Komponen Elektronika Beserta Fungsinya

1548 views

macam komponen elektronikaMacam Komponen Elektronika Beserta Fungsinya - Sudah bukan menjadi rahasia lagi bawasanya jika kita ingin mendalami ilmu elektronika, maka kita harus mengenali komponen-komponen elektronika. Ada banyak sekali macam komponen elektronika, dan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Komponen elektronika sendiri terbagi atas dua jenis, yakni komponen elektronika aktif dan komponen elektronika pasif. Dalam hal tersebut, komponen elektronika aktif merupakan komponen yang dalam menggunakannya memerlukan arus maupun tegangan listrik. Sebaliknya, komponen elektronika pasif tak memerlukan arus dan tegangan listrik dalam penggunaanya.

Macam Komponen Elektronika

Sedangkan untuk macam-macamnya, komponen elektronika aktif terdiri dari dioda dan transistor. Sedangkan komponen elektronika pasif terdiri dari resistor, kapasitor, induktor, dan transformator. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai macam-macam komponen elektronika lengkap beserta dengan fungsinya.

KOMPONEN AKTIF

1. Dioda

Dioda atau diode adalah komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi sebagai penyearah arus listrik. Dalam sebuah rangkaian, komponen ini mampu mengalirkan arus listrik ke suatu arah, dan menghentikan arus listrik yang mengalir ke arah lainnya. Ada banyak sekali macam dioda mulai dari dioda foto, LED, dioda zener, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Transistor

Transistor juga merupakan salah satu komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi sebagai penguat, switch atau saklar, filter, dan modulasi sinyal. Komponen yang satu ini sangat kompleks dan banyak digunakan untuk berbagai macam rangkaian elektronika. Komponen yang memiliki 3 kaki (basis, emitor, kolektor) ini juga memiliki banyak macam.

KOMPONEN PASIF

1. Resistor

Resistor adalah komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi sebagai hambatan arus listrik. Komponen yang satu ini terdiri dari dua macam, yakni resistor tetap dan resistor variabel. Nilai resistansi atau hambatan dari sebuah resistor dalam dilambangkan dengan satuan Ohm.

2. Kapasitor

Kapasitor atau kondensator merupakan komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi sebagai alat penyimpan energi listrik untuk sementara waktu. Fungsi lain dari komponen ini juga terbilang cukup banyak, salah satunya adalah dapat meminimalkan percikan bunga api pada saklar.

3. Induktor

Induktor merupakan salah satu komponen elektronika pasif yang banyak kita jumpai di komponen yang berkaitan dengan frekwensi seperti TV analog dan radio. Selain itu ada komponen transformator yang juga termasuk komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi menaik turunkan tegangan.

Sekian informasi mengenai macam komponen elektronika beserta fungsinya. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat sekaligus inspirasi, khususnya bagi para pembaca setia web belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya mengenai toko online komponen elektronika.

Incoming search terms:

  • macam macam komponen elektronika dan fungsinya
  • foto macam macam dioda dan penjelasannya

Leave a reply "Macam Komponen Elektronika Beserta Fungsinya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.