Macam Macam Alat Ukur, Fungsi, Beserta Gambarnya

16049 views

Macam Macam Alat Ukur, Fungsi, Beserta Gambarnya – Ada banyak sekali jenis alat ukur yang kita kenal saat ini, baik yang berhubungan dengan dunia elektronika maupun tidak. Seiring perkembangan waktu jumlah jenis alat ukur juga akan bertambah karena ada materi baru yang dapat diukur serta inovasi dari alat ukur itu sendiri.

Pada kesempatan yang sangat baik ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk menambah wawasan seputar alat ukur, utamanya yang berhubungan dengan dunia elektronika dan kelistrikan. Dengan mengenal berbagai macam alat ukur tersebut akan lebih mempermudah kita semua dalam mendalami elektronika khususnya, dan ilmu-ilmu lain pada umumnya.

Macam Macam Alat Ukur

Ada beberapa alat ukur yang sangat erak kaitannya dengan dunia elektronika seperti amperemeter, voltmeter, ohmmeter, dan lain sebagainya. Selain itu ada juga alat ukur yang berkaitan dengan ilmu-ilmu umum seperti mistar, jangka sorong, thermometer, barometer, dan lain-lain. Berikut info mengenai macam-macam alat ukur tersebut lengkap dengan fungsi dan gambarnya.

1. Mistar / Penggaris

Mistar atau yang juga kerap disebut dengan penggaris adalah alat yang digunakan untuk mengukur dimensi panjang, lebar, dan juga tebal dengan skala ketelitian kurang lebih 0,5 mm. Cara menggunakan mistar untuk mengukur dimensi tertentu cukup mudah, tinggal letakkan mistar pada benda, posisikan ujung benda ke posisi nol, dan lihat berapa hasil pengukurannya.

2. Mikrometer Sekrup

Alat ukur yang kedua adalah mikrometer sekrup. Alat ini digunakan untuk untuk mengukur ketebalan dan diameter benda dengan skala ketelitan yang lebih kecil dibanding dengan mistar. Cara menggunakannya cukup buka rahang mikrometer sekrup, lalu taruh benda yang akan diukur ke dalam rahang, dan lihat hasil pengukurannya.

3. Ampere Meter

Selanjutnya ada alat ukur bernama ampere meter. Alat yang satu ini digunakan oleh para teknisi elektronika dan kelistrikan karena fungsinya untuk mengukur kuat arus listrik. Pada umumnya alat ini berada dalam satu paket dengan sebuah alat bernama multimeter atau avometer yang merupakan singkatan dari amperemeter, voltmeter, dan ohmmeter.

4. Volt Meter

Selain ada amperemeter, juga ada alat ukur yang sangat erat dengan dunia elektronika dan kelistrikan. Alat yang dimaksud tak lain adalah volt meter. Seperti yang telah kami katakan tadi, voltmeter juga sepaket dalam multimeter bersama dengan ampere meter dan juga ohm meter. Voltmeter berfungsi untuk mengukur tegangan listrik.

5. Ohm Meter

Ohmmeter adalah salah satu alat ukur yang berfungsi untuk mengukur hambatan atau tahanan listrik. Pada umumnya ohm meter bekerja dengan menggunakan galvanometer untuk melihat seberapa besar arus listrik yang kemudian dikalibrasi ke dalam bentuk satuan ohm. Ohm meter juga berada satu paket dalam sebuah avometer atau multitester.

Baca juga : Cara Mengukur Trafo dengan Multitester

6. Thermometer

Thermometer adalah alat ukur yang memiliki fungsi untuk mengukur suhu udara dan juga suhu air. Satuan yang digunakan oleh alat thermometer adalah derajat celcius. Prinsip kerja dari thermometer ini cukup sederhana, yakni jika terjadi peningkatan suhu maka air raksa yang ada di dalamnya akan memuai sehingga menunjukkan nilai tertentu.

7. Jangka Sorong

Selanjutnya ada alat ukur yang bernama jangka sorong. Sebenarnya alat ukur ini punya fungsi yang hampir sama seperti mistar, namun skala ketelitiannya jauh lebih tinggi mencapai 0,1 mm. Ada tiga sisi benda yang dapat diukur dengan jangka sorong yakni sisi luar, sisi dalam, dan juga kedalaman alias celah lubang.

8. Barometer

Barometer adalah alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur tekanan udara. Satuan yang digunakan pada alat barometer adalah Mb. Alat ukur yang satu ini masuk ke dalam jenis peralatan meteorology golongan non recording yang harus dibaca pada kondisi tertentu untuk mendapatkan suatu data.

9. Stopwatch

Stopwatch adalah salah satu jenis alat ukur yang digunakan untuk mengukur lama waktu dalam skala detik atau menit. Biasanya alat ini banyak digunakan untuk kegiatan olahraga seperti mengukur seberapa lama waktu tempuh pelari, seberapa cepat seseorang berenang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

10. Speedometer

Speedometer merupakan alat ukur kecepatan kendaraan yang saat ini diaplikasikan di hampir semua jenis kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil. Prinsip kerjanya adalah dengan memasangkannya ke roda maupun transmisi menggunakan kabel yang akan berputar saat kendaraan bergerak.

Baca juga : Pengertian Frekuensi, Getaran, dan Gelombang

11. Ombrometer

Ombrometer adalah salah satu jenis alat ukur yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur seberapa besar curah hujan. Cara kerja dai alat ini cukup sederhana yakni dengan menampung air hujan yang kemudian ditampung dalam wadah lalu diukur dengan menggunakan skala tertentu.

12. Echosounder

Echosounder adalah alat ukur yang berfungsi untuk mengukur kedalaman air menggunakan media gelombang. Caranya adalah dengan mengirimkan tekanan gelombang yang berasal dari permukaan air menuju ke dasar air, yang kemudian dicatat hasilnya sampai echo kembali menuju ke dasar air.

13. Antique Caliper

Antique caliper adalah salah satu jenis alat ukur kuno yang sudah populer sejak tahun 1930. Alat ukur yang satu ini sebenarnya digunakan untuk mengukur diameter benda dengan menggunakan sistem capit. Alat ukur antique caliper sangat cocok digunakan untuk mengukur diameter benda yang sulit diukur dengan mistar biasa.

14. Luxmeter

Alat ukur Lux MeterSelanjutnya ada alat ukur yang bernama Luxmeter. Luxmeter adalah salah satu alat ukur yang berfungsi untuk mengetahui tingkat kecerahan atau pencahayaan suatu ruangan. Cara kerja alat ukur ini adalah dengan menggunakan sensor cahaya. Untuk menggunakannya tinggal letakkan alat ini di atas meja dan secara otomatis indikator akan menunjukkan nilai tertentu.

15. Meteran Pita

Alat Ukur Meteran PitaMeteran pita adalah salah satu alat ukur yang berfungsi untuk mengukur panjang suatu benda. Berbeda dengan mistar, meteran pita ini punya bentuk seperti pita sehingga bisa ditekuk-tekut. Selain itu meteran pita biasanya digunakan untuk mengukur benda yang ukuran panjangnya tidak bisa dijangkau oleh mistar.

Baca juga : Alat Untuk Mengukur Tegangan Listrik

16. Altimeter

Altimeter adalah alat ukur yang berfungsi untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan air laut. Alat ukur altimeter ini banyak digunakan untuk keperluan navigasi, baik penerbangan, pendakian, serta kegiatan-kegiatan lain yang ada kaitannya dengan suatu ketinggian.

17. Anemometer

Anemometer adalah salah satu jenis alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan angin. Alat ukur yang satu ini banyak digunakan oleh badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika alias BMKG untuk memprediksi cuaca. Cara menggunakan alat ini cukup diletakkan di ruang terbuka saja.

18. Densimeter

Densimeter adalah sebuah alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur kerapatan suatu zat cair. Cara menggunakan densimeter ini adalah cukup dengan mencelupkan bagian sensornya ke dalam cairan yang hendak diukur kerapatan zatnya, lalu nilai ukur akan ditampilkan pada layar atau monitor yang ada.

19. Manometer

Selanjutnya ada alat ukur yang bernama manometer. Manometer ini adalah salah satu jenis alat ukur yang berfungsi untuk mengetahui berapa nilai tekanan udara dalam ruang tertutup Alat ukur yang satu ini bisa kita temukan dengan mudah pada kompresor udara.

20. Hygrometer

Yang terakhir ada alat ukur yang bernama mygrometer. Hygrometer adalah alat yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kelembaban suatu tempat. Cara menggunakan alat ini cukup diletakkan di sebuah ruang yang sekiranya memiliki tingkat kelembaban baik tinggi maupun rendah.

Semoga dengan adanya info mengenai macam macam alat ukur tadi dapat menambah wawasan anda dalam dunia sains pada umumnya, dan dunia elektronika khususnya. Jika info mengenai fungsi dan gambar alat ukur ini dianggap bermanfaat, jangan ragu untuk membagikannya ke sosial media yang anda miliki. Sampai jumpa di lain kesempatan, salam elektro.

Incoming search terms:

  • macam-macam alat ukur dan fungsinya beserta gambarnya
  • gambar alat ukur
  • macam macam alat ukur
  • gambar alat ukur dan fungsinya
  • macam alat ukur
  • macam macam alat ukur dan fungsinya
  • Macam-macam alat ukur
  • macam macam alat ukur lengkap
  • alat ukur dan fungsinya beserta gambar
  • macam macam alat ukur dan gambarnya
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.