Macam Macam Audio Jack Beserta Fungsinya

512 views

Macam Macam Audio Jack Beserta Fungsinya – Mendengarkan musik merupakan salah satu hobi yang mengasyikkan bagi sebagian besar orang. Di era teknologi yang semakin canggih ini, kita bisa mendengarkan musik melalui beberapa cara. Salah satunya dengan menggunakan headset atau earphone.

Selain itu kita juga bisa mendengarkan musik secara langsung melalui speaker aktif. Tentunya anda semua sudah tahu, baik di speaker aktif ataupun eraphone terdapat sebuah jack audio yang terhubung dengan musik player ntah itu DVD, komputer, smartphone, atau yang lainnya.

Tapi tahukah anda bahwa jack audio memiliki banyak jenis. Oleh sebab itu kadang kala saat kita menggunakan jack audio tertentu, suara yang muncul terdengar lirih atau bahkan tidak muncul sama sekali. Hal tersebut terjadi karena memang jack audio yang digunakan tidak sesuai.

Macam Macam Audio Jack

Nah, di kesempatan yang bagus ini belajarelektronika.net akan berbagi sedikit info mengenai macam-macam atau jenis jenis audio jack yang perlu anda ketahui. Masing-masing jenis jack audio punya fungsi tersendiri. Jika anda penasaran? Langsung saja simak baik-baik ulasan dari situs Belajar Elektronika berikut ini.

Dilihat Dari Ukurannya

Jika dilihat dari ukurannya, sampai saat ini tercatat ada beberapa jenis audio jack, mulai dari yang paling kecil berukuran 2,5 mm (3/32 inci), ukuran sedang 3,5 mm (1/8 inci), sampai yang paling besar berukuran 6,35mm (1/4 inci). Perbedaan dari masing-masing jack audio tadi sudah jelas, yakni ukurannya.

Baca juga : Rangkaian Penghilang Noise Audio Sederhana

Dilihat Dari Jumlah Konduktornya

Namun jika dilihat dari jumlah konduktornya, ada tiga jenis jack audio yang harus kita ketahui yakni jack audio TS (tip-sleeve), jack audio TRS (tip-ring-sleeve), dan juga jack audio TRRS (tip-ring-ring-sleeve). Buat anda yang ingin tahu apa bedanya, silahkan simak baik-baik ulasan berikut.

1. Audio Jack TS (Tip-Sleeve)

Audio jack yang pertama berjenis TS (Tip-Sleeve). Seperti namanya audio jack yang satu ini hanya memiliki dua buah konduktor yakni konduktor tip dan konduktor sleeve. Biasanya bagian tip digunakan untuk signal audio, sedangkan bagian slevee untuk ground. Audio jack jenis TS kerap digunakan pada mikrofone atau perangkat audio lain yang punya sistem mono.

2. Audio Jack TRS (Tip-Ring-Sleeve)

Selanjutnya ada audio jack jenis TRS (tip-ring-sleeve). Audio jack yang satu ini memiliki tiga buah konduktor yakni konduktor tip, ring, dan juga sleeve. Konduktor tip digunakan untuk signal audio kiri, ring untuk signal audio kanan, dan sleeve untuk ground. Jadi jack audio jenis TRS (tip-ring-sleeve) ini biasanya digunakan di perangkat yang punya sistem stereo.

2. Audio Jack TRRS (Tip-Ring-Ring-Sleeve)

Jenis jack audio yang terakhir adalah jack audio TRRS (tip-ring-ring-sleeve). Jack audio ini memiliki empat buah konduktor yakni 1 tip, 2 ring, dan 1 sleeve. Biasanya jenis jack ini digunakan pada tipe ukuran 3,5 mm yang sering diaplikasikan pada headset smartphone dengan konfigurasi tip untuk left, ring 1 untuk right, ring 2 untuk ground, dan sleeve untuk microphone.

Nah, demikianlah ulasan singkat mengenai jenis jenis audio jack beserta fungsinya. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua. Silahkan share apabila informasi mengenai jack audio ini bermanfaat, agar lebih banyak lagi orang yang bisa merasakan manfaatnya.

Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.