Macam Macam Komponen Elektronika dan Fungsinya

2316 views

macam macam komponen elektronikaMacam Macam Komponen Elektronika dan Fungsinya - Ketika mempelajari seputar elektronika, pastinya kita dihadapkan dengan yang namanya komponen elektronika. Sudah barang pasti, karena memang komponen elektronika merupakan bahan yang digunakan untuk menyusun sebuah rangkaian elektronika.

Perlu diketahui bahwa ada dua jenis komponen elektronika, yakni komponen elektronika aktif dan komponen elektronika pasif. Komponen elektronika aktif terdiri dari dioda dan transistor. Sedangkan komponen elektronika pasif terdiri dari resistor, kapasitor atau kondensator, induktor, sampai dengan transformator.

Macam Macam Komponen Elektronika

Nah, semua komponen tersebut juga masih terbagi atas jenis-jenis yang lebih kecil. Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai macam-macam komponen elektronika baik yang aktif maupun yang pasif, beserta dengan fungsinya. Penasaran? Langsung saja simak baik-baik ulasan dari belajarelektronika.net berikut ini.

1. Resistor

Resistor adalah komponen elektronika pasif yang berfungsi sebagai hambatan. Fungsi resistor dalam sebuah rangkaian elektronika adalah menghambat arus yang mengalir dalam sebuah rangkaian. Perlu diketahui bahwa resistor ini terbagi atas dua macam, yakni resistor yang nilai tahanannya tetap, dan resistor yang nilai tahanannya berubah-ubah (resistor variabel).

2. Kapasitor

Kapasitor atau kondensator adalah komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi sebagai penyimpan arus untuk semantara waktu. Fungsi kapasitor sangat bermacam-macam, mulai dari kopling, filter, penggeser fasa, pembangkit frekwensi, sampai dengan mencegah percikan bunga api pada saklar. Kapasitor atau kondensator juga banyak macamnya, ada kapasitor yang berpolaritas, ada juga kapasitor yang tidak memiliki polaritas. Ada kapasitor elektrolit (elco), kapasotor keramik, kertas, dan masih banyak lagi yang lain.

3. Transistor

Transistor adalah salah satu komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi sebagai penguat, switch, stabilitator, modulasi, dan masih banyak lagi yang lagi. Fungsi transistor adalah seperti keran air. Transistor memiliki tiga kaki yakni kaki basis, emitor, dan kolektor. Ada banyak sekali macam transistor mulai dari transistor efek medan, transistor bipolar, transistor IGBT, transistor Darlington, transistor foto, dan masih banyak lagi yang lain.

4. Dioda

Dioda adalah salah satu komponen elektronika aktif yang memiliki fungsi sebagai penyearah. Fungsi dioda adalah memperbolehkan arus dalam sebuah rangkaian mengalir ke arah satu dan menghentikan arus yang mengalir ke arah lainnya. Dioda sendiri memiliki banyak macam, diantaranya adalah dioda cahaya, dioda foto, dioda laser, diode Zener, dioda Schottky, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Transformator

Transformator atau trafo adalah komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi untuk menaikkan dan menurunkan tegangan. Ada dua macam trafo yang biasa kita kenal, yakni trafo step up dan trafo step down. Prinsip kerja dari trafo ini menggunakan koil atau kumparan.

Sekian informasi mengenai macam macam komponen elektronika dan fungsinya. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat, khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman anda, dan baca juga artikel menarik lainnya mengenai kursus elektronika online gratis.

Incoming search terms:

  • macam-macam komponen elektronika
  • kompenen elektronika fungsinya dan macam macamnya
  • macam Macam Bahan elektro
  • macam macam component elektro dan fungsinya
  • macam macam komponen led

Leave a reply "Macam Macam Komponen Elektronika dan Fungsinya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.