Macam Macam Sambungan Kabel Instalasi Listrik

2442 views

Macam Macam Sambungan Kabel Instalasi Listrik – Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa semua orang butuh yang namanya listrik. Di Indonesia sendiri, PLN adalah penyuplay listrik utama yang ada di rumah-rumah. Selebihnya orang-orang memanfaatkan sumber listrik buatan seperti panel surya, pembangkit listrik tenaga angin mini, dan lain sebagainya.

Listrik bisa dikatakan sebagai salah kebutuhan utama manusia modern, mengingat hampir semua peralatan yang ada saat ini membutuhkan supplay listrik agar bisa digunakan. Contohnya televisi, mesin cuci, kulkas, komputer, dan masih banyak lagi peralatan lain yang membutuhkan energi listrik.

Meskipun bukan teknisi listrik professional, tidak ada salahnya kita mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan listrik, utamanya hal-hal dasar seperti menghitung arus listrik, daya listrik, hingga bagaimana cara menyambung kabel. Bicara soal menyambung kabel, kali ini belajarelektronika.net akan mengulasnya secara lengkap untuk anda semua.

Macam Macam Sambungan Kabel Listrik

Tahukah ternyata bahwa ada beberapa teknik khusus dalam menyambung kabel listrik? Mungkin bagi kita orang awam, menyambung kabel listrik adalah perkara yang biasa saja, karena sambungan yang kita kenal hanya itu-itu saja. Tapi sebenarnya ada beberapa cara khusus dalam menyambung kabel listrik.

Masing-masing jenis penyambungan kabel listrik punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum ke topik utama mengenai macam-macam sambungan kabel, perlu anda ketahui beberapa manfaat yang kita bisa dapat ketika memahami berbagai macam jenis sambungan kabel. Apa saja itu? Simak ulasan berikut.

  • Mempermudah dalam proses instalasi listrik
  • Dapat memperkuat sambungan listrik
  • Lebih aman karena terhindar dari percikan Api

Baca juga : Jenis-jenis Kabel Listrik

Ada hal lain yang lebih penting dalam penyambungan listrik. Sebenarnya penyambungan listrik lebih baik dilakukan orang yang lebih ahli. Namun kita sebagai orang awam juga bisa melakukan hal tersebut, asal memiliki ilmu dan pemahaman yang cukup. Pasalnya jika salah dalam penyambungkan kabel listrik, akibatnya akan sangat fatal.

Yang paling fatal bisa menyebabkan kecelakaan listrik seperti kesetrum hingga korsleting listrik yang bisa membakar rumah. Oleh sebab itu silahkan pahami apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam menyambung kabel listrik, serta bagaimana cara paling benar dalam menyambung kabel listrik. Berikut beberapa jenis sambungan listrik.

1. Sambungan Ekor Babi

Jenis sambungan kabel listrik yang pertama adalah sambungan ekor babi. Mengapa disebut sambungan ekor babi? Karena jenis sambungan kabel listrik ini melintir mirip ekor hewan babi. Jenis sambungan ini terbilang yang paling sederhana dibanding dengan jenis sambungan yang lain karena kita tinggal menggabung dua kabel dan memelintirnya saja.

Cara menyambung kabel jenis ekor babi sangatlah mudah. Pertama-tama anda harus mengupas ujung isolator kabel sepanjang 2 hingga 5 cm terlebih dahulu. Setelah itu gabungkan ujung kabel, lalu lilitkan atau pelintir ke arah kanan sebanyak enam kali. Jika sudah potong ujung yang tidak dipakai agar rapih, dan terakhir beri isolasi. Jika bingung, perhatikan gambar di atas.

Sambungan kabel jenis ekor babi ini punya kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihannya adalah mudah dalam penyambungannya dan tidak memerlukan waktu yang lama. Sedangkan kekurangannya adalah rentan lepas, terutama saat kabel ditarik. Jadi bisa disimpulkan bahwa sambungan kabel ekor babi ini cocok digunakan pada kabel yang tidak memiliki daya tarik

2. Sambungan Puntir

Jenis sambungan kabel listrik yang kedua adalah sambungan puntir. Sambungan jenis ini ada untuk menjawab kelemahan dari sambungan jenis ekor babi yang mudah lepas. Ya, sambungan puntir lebih kuat dibandingkan dengan sambungan kabel listrik jenis ekor babi, karena pada sambungan ini dua kabel dibuat saling mengikat.

Terdapat dua jenis sambungan puntir yang biasa kita kenal saat ini. Yang pertama adalah sambungan bell hangers, dan yang kedua adalah sambungan western union. Sebenarnya antara jenis sambungan bell hangers dan western union sama-sama kuat, hanya saja teknik penyambungannya yang sedikit berbeda. Berikut info lebih jelasnya.

Sambungan Bell Hangers

Cara menyambung kabel dengan teknik bell hangers cukup mudah. Pertama anda harus mengupas kedua ujung kabel kurang lebih 1,5 cm, lalu menggabungkannya dan membengkokkannya seperti huruf L. Jika sudah, plintir ujung kabel ke arah yang berlawanan satu sama lain hingga terikat dengan kuat. Jika bingung, perhatikan gambar di atas.

Sambungan Western Union

Sedangkan untuk kabel western union, cara pembuatannya cukup dengan mengupas ujung kabel sepanjang 5 hingga 7 cm. Setelah itu jepit kabel yang ada pada pangkal kupasan. Tempelkan ujung kabel yang satunya, lalu puntir. Lanjutkan memuntir ujung kabel yang satunya searah jarum jam hingga terikat sempurna. Jika bingung, perhatikan gambar di atas.

Baca juga : Cara Menyabung Kabel Listrik ke MCB

3. Sambungan Bolak-balik

Jenis sambungan kabel yang ketiga adalah sambungan bolak-balik. Sambungan jenis ini lebih rumit dibanding dengan kedua sambungan sebelumnya. Namun jenis sambungan bolak-balik lebih kuat dibandingkan dengan sambungan sebelumnya. Terdapat dua jenis sambungan bolak-balik. Yang pertama adalah sambungan jenis britania, dan yang kedua adalah sambungan scraf.

Sambungan Britania

Sambungan jenis ini cocok diaplikasikan pada kabel yang memiliki ukuran cukup besar yang sulit dipuntir menggunakan tangan. Oleh karena itu sambungan ini memanfaatkan bantuan kabel yang memiliki ukuran lebih kecil agar lebih mudah. Cara penyambungannya dengan dipuntir layaknya sambungan ekor babi. Jika anda bingung, perhatikan gambar di atas.

Sambungan Scraf

Sebenarnya sambungan jenis scraf tidak jauh berbeda dibandingkan dengan sambungan jenis britania. Sambungan ini juga memanfaatkan bantuan dari kabel kecil, karena biasanya kabel yang disambung menggunakan teknik ini adalah kabel yang punya ukuran besar. Cara penyabungannya bisa langsung dilihat pada gambar di atas.

4. Sambungan Percabangan

Yag terakhir ada jenis sambungan kabel model percabangan. Sambungan jenis ini digunakan jika kita ingin menyambung lebih dari dua kabel. Misalnya 3 kabel atau 4 kabel. Teknik dalam penyambungan kabel percabangan cukup bervariasi mulai dari datar single plan joint, datar knotted tab joint, datar percabangan ganda satu nadi, single wrapped cable slice, dan bulatan mata itik.

Sambungan Datar Single Plan Joint

Cara menyambung kabel jenis datar single plan joint cukup mudah. Tinggal kupas bagian kabel utama yang ingin disambungkan. Kupas juga ujung kabel ketiga yang ingin ditempelkan. Setelah itu plintir atau lilitkan kabel ketiga ke kabel utama hingga menempel sempurna. Jika bingung, lihat gambar di atas.

Sambungan Datar Knotted Tab Joint

Jenis sambungan kabel datar knotted tab joint juga terbilang mudah dan hampir sama seperti jenis sambungan sebelumnya. Hanya saja sambungan kabel ketiga pada kabel utama memiliki ikatan simpul. Jadi sambungan jenis datar knotted tab joint ini lebih kuat dibandingkan dengan jenis sambungan sebelumnya.

Baca juga : Arti Warna Kabel Instalasi Listrik

Sambungan Datar Percabangan Ganda Satu Nadi

Sambungan kabel jenis datar percabangan ganda satu nadi cocok diaplikasikan pada percabangan kabel. Cara menyambungkannya cukup mudah. Cukup lilitkan kedua kabel yang ingin disambungkan ke kabel utama secara bersamaan dengan kuat. Jika anda bingung, langsung saja lihat gambar di atas.

Sambungan Single Wrapped Cable Slice

Sambungan single wrapped cable slice tergolong jenis sambungan yang paling ribet karena kita harus menyambungkan banyak kabel satu per satu. Kabel yang disambungkan dengan teknik ini akan tersambung dengan kuat. Namun usaha yang diperlukan juga cukup besar dan waktunya lama. Langsung saja lihat caranya pada gambar di atas.

Sambungan Bulatan Mata Itik

Yang terakhir ada jenis sambungan kabel bulatan mata itik. Sambungan ini disebut mata itik karena berbentuk bulatan menyerupai sebuah mata itik. Sambungan ini cocok diaplikasikan pada jenis kabel yang memiliki inti tunggal. Jenis sambungan ini biasanya banyak digunakan pada pitingan lampu.

Nah, Demikianlah tadi informasi lengkap mengenai macam macam sambungan kabel instalasi listrik lengkap dengan contoh gambarnya. Semoga informasi yang kami share tadi bisa anda serap dan bermanfaat menambah khasanah pengetahuan seputar dunia elektronika dan kelistrikan.

Loading...

Incoming search terms:

  • contoh sambungan instalasi listrik
  • cara menyambung kabel ekor babi
  • sambungan kabel
  • sambungan kabel dan macam2 kabel
  • contoh sambungan percabangan
  • Macam2 jumper kabel
  • scara menyambung listrik di rumah dari pln menggunakan sambungan rangkaian
  • sebutkan dan jelaskan cara penyambungan kabel
Penulis: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.