Macam Macam Sensor Elektronika dan Fungsinya

5949 views

macam macam sensor elektronika dan fungsinyaMacam Macam Sensor Elektronika dan Fungsinya - Dalam dunia elektronika, sensor merupakan salah satu komponen yang sangat penting, utamanya pada bidang robotika. Secara definisi, sensor adalah komponen yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan, baik itu perubahan fisik maupun perubahan kimia.

Variabel keluaran dari sebuah sensor yang diubah menjadi besaran listrik dapat disebut sebagai transduser. Saat ini ada banyak sekali jenis atau macam dari sensor jika dilihat dari fungsi serta kegunaannya. Contoh LDR dan photo dioda dapat digunakan sebagai saklar yang bekerja berdasarkan intensitas cahaya, atau thermistor yang bekerja berdasarkan suhu.

Jika anda fokus dalam dunia robotik, pasti akan menemukan banyak sekali jenis sensor mulai dari sensor cahaya, suhu, jarak, suara, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan masing-masing sensor tersebut memiliki spesifikasi dan cara menggunakan yang berbeda satu sama lain.

Macam Macam Sensor dan Fungsinya

Dan pada kesempatan yang baik ini Belajar Elektronika akan mengajak anda semua untuk melihat informasi terbaru mengenai macam-macam atau jenis jenis sensor dan fungsinya. Nah, untuk anda yang penasaran dan ingin tahu detail informasinya, langsung saja simak baik-baik ulasan dari Belajar Elektronika berikut ini.

1. Sensor Proximity

Sensor proximity adalah jenis sensor yang digunakan untuk mendeteksi ada atau tidaknya suatu objek, terutama objek yang berupa logam tanpa harus menyentuhnya. Cara kerjanya dengan memancarkan medan elektromagnetik serta mencari perubahan bentuk medan elektromagnetik saat benda terdeteksi.

Contoh medan elektromagnetik seperti infrared (infra merah). Sensor proximity memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah untuk mendeteksi objek, jumlah objek, dimensi suatu objek, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sensor proximity banyak digunakan di bandara dan hotel untuk keperluan cek in dan cek out suatu barang.

2. Sensor Magnet

Sensor magnet adalah jenis sensor yang peka atau mudah terpengaruh dengan medan magnet, sehingga memberikan perubahan kondisi pada output atau keluaran. Sensor magnet bekerja ketika jenis konduktor mempengaruhi keberadaan medan magnet, sehingga magnet dapat tertolak ataupun tertarik sesuai dengan pengaruh yang telah diberikan.

Sensor magnet banyak digunakan pada pintu mobil, hotel, dan beberapa alat lainnya. Prinsip kerjanya ketika ada penghantar yang sedang mendekat, maka sensor akan memberikan respon apakah cocok atau tidak. Jika cocok maka pintu akan terbuka, begitu juga sebaliknya.

3. Sensor Cahaya

Sensor cahaya adalah sensor yang keluarannya dipengaruhi oleh intensitas cahaya. Sensor cahaya dapat dibagi menjadi tiga jenis, yakni fotovoltaic yang berfungsi mengubah sinar langsung menjadi energi listrik seperti solar cell, fotokonduktif yang memberikan perubahan hambatan LDR dan foto dioda, serta fotolistrik yang bekerja berdasarkan pantulan akibat perubahan posisi sumber cahaya.

Baca juga : Rangkaian Saklar Lampu Sensor Suara

4. Sensor Suhu

Sensor suhu adalah jenis sensor yang digunakan untuk mengubah energi panas menjadi besaran listrik. Ada banyak jenis komponen elektronika yang dapat difungsikan sebagai sensor suhu seperti thermistor, thermostat, thermocouple dan resistive temperature detector. Sensor jenis ini banyak digunakan di alat elektronik seperti rice cooker, dispenser, sampai dengan kulkas.

5. Sensor Suara

Sensor suara atau sensor ultrasonik adalah jenis sensor yang bekerja berdasarkan prinsip pantulan gelombang suara. Prinsip kerja dari sensor ini adalah menghasilkan gelombang suara, yang kemudian menangkapnya kembali dengan perbedaan waktu tangkap sebagai dasarnya. Ada beberapa jenis objek pantul dari sensor suara, yakni objek padat, cair, testil, sampai dengan butiran.

6. Sensor Tekanan

Sensor tekanan adalah jenis sensor yang memiliki fungsi mengubah tekanan menjadi induktansi. Prinsip kerja sensor tekanan adalah mengubah tegangan mekanis menjadi sinyal listrik. Sensor tekanan banyak digunakan di berbagai alat seperti motor bensin, pesawat terbang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Sensor Kecepatan

Sensor kecepatan adalah jenis sensor yang digunakan untuk mendeteksi kecepatan gerak, yang kemudian diubah menjadi sinyal listrik. Sensor ini banyak digunakan pada kendaraan seperti sepeda, sepeda motor, ataupun mobil untuk mengetahui berapa kecepatan laju dari kendaraan tersebut.

Demikian informasi mengenai macam macam sensor elektronika dan fungsinya. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda apabila bermanfaat.

Incoming search terms:

  • macam macam sensor
  • macam-macam sensor
  • jenis jenis sensor dan fungsinya
  • macam sensor
  • jenis jenis sensor
  • jenis sensor
  • macam2 sensor
  • macam sensor dan fungsinya
  • sensor elektronik
  • macam macam sensor dan cara kerjanya

Leave a reply "Macam Macam Sensor Elektronika dan Fungsinya"

Author: 
    author
    Admin belajarelektronika.net adalah seseorang yang suka bereksperimen dengan barang-barang elektronik walaupun kadang gagal.